PENGARUH MEDIA SOSIAL, ELECTRONIC WORD OF MOUTH, DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI MINAT BELI (Studi pada Toko Poeniko Batik di Pekalongan)


Nurul Fatimah, 7311415013 (2020) PENGARUH MEDIA SOSIAL, ELECTRONIC WORD OF MOUTH, DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI MINAT BELI (Studi pada Toko Poeniko Batik di Pekalongan). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7311415013.pdf] PDF - Published Version
Download (3MB)

Abstract

Persaingan bisnis yang semakin ketat membuat para pelaku bisnis industri kecil menengah harus mampu bersaing. Batik merupakan salah satu industri kecil menengah yang berpengaruh dalam pertumbuhan ekonomi. Para pelaku bisnis industri batik harus mampu bersaing dengan pengusaha batik lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk menguji bagaimana pengaruh media sosial, electronic word of mouth, dan citra merek terhadap keputusan pembelian melalui minat beli pada toko Poeniko Batik Pekalongan. Populasi pada penelitian ini adalah konsumen poeniko batik Pekalongan. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 100 orang dengan menggunakan metode purposive incidental sampling. Metode pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan kuesioner. Pengujian instrumen dilakukan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Metode analisis dalam penelitian ini menggunakan path analysis dengan program SPSS versi 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel electronic word of mouth, citra merek dan mina beli berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Sementara variabel media sosial tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil uji path analisis menunjukkan bahwa minat beli dapat memediasi pengaruh media sosial, electronic word of mouth, dan citra merek terhadap keputusan pembelian. Simpulan dari penelitian ini adalah electronic word of mouth, citra merek dan mina beli berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Media sosial tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. serta minat beli dapat memediasi pengaruh media sosial, electronic word of mouth, dan citra merek terhadap keputusan pembelian. Saran yang diberikan hendaknya Poeniko Batik meningkatkan pemasaran dan pemberian informasi mengenai produk dengan cara memberi stimulus kepada konsumen untuk memberikan feedback yang positif. Serta tetap menjaga citra merek dari Poeniko Batik. Bagi peneliti selanjutnya,diharapkan mempertimbangkan variabel lain yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian atau jika ingin tetap menggunakan variabel media sosial mungkin dapat menggunakan objek lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Sosial, Electronic Word Of Mouth, Citra Merek, Minat Beli, Keputusan Pembelian
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 05 Sep 2020 09:12
Last Modified: 05 Sep 2020 09:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39097

Actions (login required)

View Item View Item