PENGARUH TATA KELOLA, STRUKTUR MODAL, DAN LIKUIDITAS TERHADAP PROFITABILITAS PERUSAHAAN (Studi Kasus Perusahaan Manufaktur Terdaftar di BEI Tahun 2012--2017)


Fariz Putra Mahardika, 7311414166 (2020) PENGARUH TATA KELOLA, STRUKTUR MODAL, DAN LIKUIDITAS TERHADAP PROFITABILITAS PERUSAHAAN (Studi Kasus Perusahaan Manufaktur Terdaftar di BEI Tahun 2012--2017). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7311414166.pdf] PDF - Published Version
Download (1MB)

Abstract

Kinerja keuangan merupakan gambaran setiap hasil ekonomi yang mampu diraih oleh perusahaan pada periode tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komisaris independen, komite audit, dewan direksi, debt to equity ratio, dan current ratio terhadap profitabilitas perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2012-2017. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi data panel dengan pendekatan Fixed Effect Model dengan program Eviews-9. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan analisis regresi linier berganda, yaitu analisis yang mampu menjelaskan hubungan antara variabel dependen dengan variabel independen yang lebih dari satu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan teknik purposive sampling. Populasi dalam penelitian adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2012- 2017. Sampel digunakan sebanyak 44 perusahaan. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan purposive sampling method, yaitu penentuan sampel atas dasar kesesuaian karakteristik dan kriteria tertentu. Hasil penelitian menunjukkan komisaris independen, komite audit, dan current ratio berpengaruh positif signifikan terhadap profitabilitas, sedangkan dewan direksi dan debt to equity ratio berpengaruh negatif signifikan terhadap profitabilitas. Simpulan dalam penelitian ini adalah jumlah dari komisaris independen, komite audit dan besarnya current ratio berpengaruh positif signifikan terhadap profitabilitas, sedangkan jumlah dari dewan direksi dan besarnya debt to equity ratio berpengaruh negatif terhadap profitabilitas. Saran bagi perusahaan mempertimbangkan menambah jumlah dewan komisaris independen, dewan direksi dan current ratio yang telah terbukti memiliki pengaruh positif signifikan terhadap profitabilitas perusahaan. Bagi investor yang hendak melakukan investasi ke dalam suatu perusahaan harus lebih memperhatikan indikator penerapan GCG, struktur modal, dan likuiditas dari suatu perusahaan. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat meneliti indikator-indikator lain dari GCG, struktur modal, dan likuiditas agar lebih memperluas wawasan tentang GCG, struktur modal, dan likuiditas serta pengaruhnya terhadap profitabilitas, selain itu peneliti selanjutnya juga dapat meneliti di sektor lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Komisaris Independen, Komite Audit, Dewan Direksi, Debt to Equity Ratio, Current Ratio, Profitabilitas
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 05 Sep 2020 09:07
Last Modified: 05 Sep 2020 09:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39095

Actions (login required)

View Item View Item