IMPLEMENTASI ASAS KEADILAN DAN PEMERATAAN DALAM PEMBANGUNAN RUMAH SUSUN DI KOTA SEMARANG (STUDI DI RUMAH SUSUN KALIGAWE DAN APARTEMEN STAR)


INTAN NUR BAITI , 8111416235 (2020) IMPLEMENTASI ASAS KEADILAN DAN PEMERATAAN DALAM PEMBANGUNAN RUMAH SUSUN DI KOTA SEMARANG (STUDI DI RUMAH SUSUN KALIGAWE DAN APARTEMEN STAR). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 8111416235.pdf] PDF - Published Version
Download (1MB)

Abstract

Perumahan dan pemukiman merupakan kebutuhan dasar manusia. Selain itu, perumahan merupakan masalah nasional yang dampaknya sangat dirasakan terutama di daerah perkotaan. Hal ini tentu berpengaruh pada keterbatasan lahan tanah untuk memenuhi kebutuhan rumah yang terus meningkat. Dalam upaya meningkatkan daya guna dan hasil guna tanah yang jumlahnya terbatas tersebut, maka Rumah susun dibangun sebagai upaya pemerintah guna memenuhi kebutuhan masyarakat perkotaan akan papan yang layak dalam lingkungan yang sehat. Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Apa faktor yang menjadi daya tarik serta daya dorong masyarakat memilih rumah susun sebagai hunian?; 2) Bagaimana implementasi Asas Keadilan dan Pemerataan pada UU Nomor 20 Tahun 2011 di rumah susun Kota Semarang? Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis daya tarik dan daya dorong masyarakat memilih tinggal di rumah susun dan implementasi asas keadilan dan pemerataan di Rumah Susun Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan yuridis empiris dengan menggunakan data primer dan data sekunder. Metode analisis menggunakan penelitian kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa daya tarik masyarakat memilih rumah susun sebagai hunian dipengaruhi oleh faktor lokasi, faktor dekat dengan kegiatan sosial-ekonomi dan faktor fasilitas. Sedangkan daya dorong masyarakat memilih tinggal di Rusunawa Kaligawe karena tidak punya rumah dan warga korban gusur, sedangkan pada Apartemen Star dijadikan sebagai investasi dan rumah kedua. Kaitannya dengan konsep Negara Kesejahteraan, disini pemerintah bertanggung jawab dalam menjamin standar kesejahteraan hidup minimum bagi setiap warganya. Standar tersebut diimplementasikan dengan terpenuhinya kebutuhan dasar setiap warga Negara Indonesia yang salah satunya meliputi kebutuhan perumahan dengan dibangunnya berbagai jenis rumah susun untuk mengakomodir semua golongan masyarakat. Namun, pada realitanya pemenuhan hak dasar bagi warga negara melalui pembangunan rumah susun pada Rusunawa Kaligawe tidak tepat sasaran dan konsep pembangunan Apartemen Star tidak sesuai dengan tujuan utama pada UU Nomor 20 Tahun 2011 sehingga menurut penulis indikator kesejahteraan belum tercapai. Hal tersebut dikarenakan kurangnya pengawasan dan tidak ada tidakan tegas menjadikan implementasi asas keadilan dan pemerataan tidak berjalan dengan optimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Asas Keadilan dan Pemerataan, Rumah Susun
Subjects: K Law > K Law (General)
Fakultas: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 05 Sep 2020 09:01
Last Modified: 05 Sep 2020 09:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39093

Actions (login required)

View Item View Item