PERAN PROFITABILITAS DALAM MEMODERASI PENGARUH PERTUMBUHAN PENJUALAN, UKURAN PERUSAHAAN, KOMITE AUDIT TERHADAP AGRESIVITAS PAJAK


Farida Budiarti, 7211416199 (2020) PERAN PROFITABILITAS DALAM MEMODERASI PENGARUH PERTUMBUHAN PENJUALAN, UKURAN PERUSAHAAN, KOMITE AUDIT TERHADAP AGRESIVITAS PAJAK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7211416199.pdf] PDF - Published Version
Download (1MB)

Abstract

Perusahaan-perusahaan di Indonesia masih banyak yang melakukan tindakan agresivitas pajak untuk meminimalkan beban pajak yang menyebabkan penerimaan pajak di Indonesia belum optimal, karena penerimaan pajak setiap tahunnya belum mencapai target yang ditetapkan oleh pemerintah. Tujuan Penelitian ini adalah untuk menganalisis peran profitabilitas dalam memoderasi pengaruh pertumbuhan penjualan, ukuran perusahaan, komite audit terhadap agresivitas pajak. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan pertanian dan perusahaan pertambangan tahun 2014-2018 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) yang berjumlah 61 perusahaan. Teknik pengambilan sampel data penelitian menggunakan metode purposive sampling, sehingga diperoleh 19 perusahaan. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial melalui analisis regresi moderasi dengan menggunakan uji nilai selisih mutlak. Alat pengukuran menggunakan program IBM SPSS 21. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial pertumbuhan penjualan, ukuran perusahaan, komite audit tidak berpengaruh terhadap agresivitas pajak sedangkan profitabilitas berpengaruh positif terhadap agresivitas pajak. Selain ini profitabilitas memoderasi pengaruh ukuran perusahaan terhadap agresivitas pajak dan tidak memoderasi pengaruh pertumbuhan penjualan dan komite audit terhadap agresivitas pajak. Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa faktor-faktor yang terbukti mempengaruhi agresivitas pajak yaitu profitabilitas. Selain itu hanya profitabilitas yang dapat memoderasi pengaruh positif ukuran perusahaan terhadap agresivitas pajak. Oleh karena itu, penelitian ini merekomendasikan agar (1) Bagi perusahaan pertanian dan perusahaan pertambangan lebih meningkatkan dalam melakukan pengawasan dan kepatuhan kesadaran membayar pajak, karena pada saat profitabilitas yang diperoleh meringkat perusahaan cenderung agresif terhadap pajak. (2) Penelitian selanjutnya menyarankan mengganti alat pengukuran komite audit dengan menggunakan jumlah kehadiran rapat anggota komite audit dalam rapat komite audit diperusahaan. (3) penelitian selanjutnya diharapkan menambah variabel lain yang diduga mempengaruhi agresifitas pajak seperti komisaris independen dan kompensasi manajemen.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Agresivitas Pajak, Pertumbuhan Penjualan, Komite Audit, Ukuran Perusahaan, dan Profitabilitas
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 05 Sep 2020 08:57
Last Modified: 05 Sep 2020 08:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39092

Actions (login required)

View Item View Item