KEBIJAKAN PERLINDUNGAN LAHAN PERTANIAN PANGAN DI KABUPATEN BREBES


NIDA NUR HIDAYAH , 8111416245 (2020) KEBIJAKAN PERLINDUNGAN LAHAN PERTANIAN PANGAN DI KABUPATEN BREBES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 8111416245.pdf] PDF - Published Version
Download (3MB)

Abstract

Penelitian kebijakan perlindungan lahan pertanian pangan di Kabupaten Brebes bertujuan untuk mengetahui penyebab belum terdapatnya peraturan daerah khusus terkait Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (LP2B) dan mengetahui serta menganalisa strategi perlindungan lahan pertanian di Kabupaten Brebes dengan tidak adanya peraturan daerah LP2B. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini terkait kajian penerapan Peraturan Daerah Provinsi Jawa Tengah Nomor 2 Tahun 2013, serta terkait penyebab dan upaya yang dilakukan oleh pemerintah daerah khususnya jajaran dinas terkait yang menangani langsung mengenai perlindungan kawasan LP2B di Kabupaten Brebes tersebut. Penelitian skripsi ini menggunakan penelitian hukum empiris. Sumber data yang digunakan bersumber dari penelitian di lapangan langsung terhadap fenomena sosial yang terjadi, baik dilakukan dengan pengamatan maupun wawancara dan penyebaran kuisioner. Teknik pengumpulan data berdasarkan hasil observasi wawancara dan dokumentasi. Validitas data menggunakan teknik trinangulasi dimana data yang diperoleh melaluin penelitian lapangan yang diolah menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian. Pertama, penyebab belum terdapatnya peraturan daerah khusus terkait Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (LP2B) di Kabupaten Brebes adalah belum terdapat prioritas dan sikap proaktif dari jajaran Pemerintah Daerah Kabupaten Brebes untuk mencetuskan pembuatan peraturan daerah mengenai perlindungan LP2B di Kabupaten Brebes, pembuatan regulasi daerah membutuhkan instrumen-instrumen pertanian yang dalam penyusunannya membutuhkan anggaran yang besar dan Sumber Daya Manusia (SDM) yang memadai, dengan kondisi program LP2B baru sampai pada tahap inventarisasi Data Dasar pertanian pangan berkelanjutan dan pengolahan Data Dasar, membuat pemerintah daerah belum dapat mewujudkan pembentukan regulasi tersebut. Kedua, strategi yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Brebes untuk mengatasi tidak terdapatnya perda khusus dalam melindungi LP2B pada pokoknya yaitu dengan cara menegakkan RTRW yang berpedoman pada Peraturan Daerah Kabupaten Brebes Nomor 2 Tahun 2011 Tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Brebes Tahun 2010 – 2030 serta program-program jajaran dinas yang terkait langsung dengan perlindungan LP2B. Simpulan dari hasil penelitian : 1) Jajaran Pemerintah Daerah Kabupaten Brebes perlu memprioritaskan serta bersikap proaktif untuk mencetuskan pembuatan peraturan daerah mengenai perlindungan LP2B di Kabupaten Brebes serta menyediakan anggaran dan SDM yang memadai dalam penyurunan perda LP2B. 2) Strategi yang dilakukan Pemerintah Daerah Kabupaten Brebes dalam melindungi LP2B selama belum diaturnya peraturan daerah mengenai LP2B di Kabupaten Brebes yaitu dengan menegakkan RTRW yang berpedoman pada Peraturan Daerah Kabupaten Brebes Nomor 2 Tahun 2011 Tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Brebes Tahun 2010 – 2030.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Perlindungan LP2B; Lahan Pertanian Pangan; Peraturan Daerah Provinsi Jawa Tengah Nomor 2 Tahun 2013
Subjects: K Law > K Law (General)
Fakultas: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 05 Sep 2020 08:55
Last Modified: 05 Sep 2020 08:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39091

Actions (login required)

View Item View Item