DETERMINAN HUMAN RESOURCE DISCLOSURES DI ASEAN


Arina Adila, 7211416192 (2020) DETERMINAN HUMAN RESOURCE DISCLOSURES DI ASEAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7211416192.pdf] PDF - Published Version
Download (3MB)

Abstract

Human Resource Disclosure (HRD) merupakan media komunikasi kepada stakeholder mengenai informasi yang berkaitan dengan sumber daya manusia. Informasi pengungkapan sumber daya manusia merupakan salah satu bentuk perwujudan atas tanggung jawab sosial perusahaan. Pengungkapan sumber daya manusia dijadikan sebagai dasar pengambilan keputusan oleh investor karena sumber daya manusia adalah kunci dari keunggulan kompetitif suatu perusahaan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui tingkat human resource disclosure di negara-negara ASEAN dan mengidentifikasi faktor-faktor yang berpengaruh terhadap human resource disclosure, diantaranya ukuran perusahaan, umur perusahaan, tipe auditor, profitabilitas, ukuran dewan komisaris, dan gender. Populasi penelitian ini yaitu perusahaan perbankan yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia (IDX), Philippines Stock Exchange (PSE), The Stock Exchange of Thailand (SET), Bursa Malaysia (Bursa), Singapore Exchange (SGX) tahun 2018. Metode pengambilan sampel menggunakan purposive sampling sehingga diperoleh sampel penelitian sejumlah 77 perusahaan perbankan. Penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda untuk mengetahui pengaruh variabel independen terhadap human resource disclosure. Hasil penelitian membutikan bahwa tingkat pengungkapan sumber daya manusia di ASEAN sebsar 77% sehingga tergolong tinggi. Analisis regresi berganda mengindikasikan bahwa ukuran perusahaan, tipe auditor dan ukuran dewan komisaris berpengaruh signifikan terhadap human resource disclosure sedangkan umur perusahaan, profitabilitas dan gender terbukti tidak memiliki pengaruh yang signifikan. Saran untuk penelitian selanjutnya yaitu mengambil penelitian lain di negara-negara maju seperti Amerika Serikat, Kanada, Skandinavia, maupun Inggris yang diduga memiliki tingkat HRD lebih tinggi dibandingkan ASEAN, mengambil seluruh sektor perusahaan supaya data lebih bervariasi, menggunakan atau menambah variabel seperti biaya karyawan (employees expenses to total operating expenses) yang diduga berpengaruh signifikan terhadap human resource disclosure. Keterbatasan penelitian ini yaitu populasi hanya berfokus pada perusahaan perbankan saja dan adanya kesenjangan sampel antar negara.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Ukuran Perusahaan, Umur Perusahaan, Tipe Auditor, Profitabilitas, Ukuran Dewan Komisaris, Gender, Human Resource Disclosure
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > Gender
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 05 Sep 2020 08:51
Last Modified: 05 Sep 2020 08:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39090

Actions (login required)

View Item View Item