UKURAN PERUSAHAAN SEBAGAI PEMODERASI PADA INDIKASI PRAKTIK TRANSFER PRICING YANG DIPENGARUHI OLEH KEPEMILIKAN ASING, DEBT COVENANT, DAN BEBAN PAJAK PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR MULTINASIONAL


Reiska Ananda Ariputri, 7211416122 (2020) UKURAN PERUSAHAAN SEBAGAI PEMODERASI PADA INDIKASI PRAKTIK TRANSFER PRICING YANG DIPENGARUHI OLEH KEPEMILIKAN ASING, DEBT COVENANT, DAN BEBAN PAJAK PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR MULTINASIONAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7211416122.pdf] PDF - Published Version
Download (2MB)

Abstract

Dampak globalisasi sekarang ini menyebabkan perubahan skema bisnis global yang terjadi pada banyak perusahaan multinasional. Sebagian besar perusahaan multinasional dalam lingkup perpajakan internasional banyak yang menggunakan transfer pricing sebagai cara mereka untuk menghindari banyaknya beban pajak yang harus dibayarkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kepemilikan asing, debt covenant, dan beban pajak terhadap indikasi praktik transfer pricing dengan ukuran perusahaan sebagai variabel moderating pada perusahaan manufaktur multinasional di Indonesia. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama 2014-2018 sejumlah 134 perusahaan. Sampel dipilih menggunakan teknik purposive sampling dan diperoleh 21 perusahaan manufaktur multinasional dengan 93 unit analisis yang menjadi objek pengamatan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji selisih mutlak pada analisis regresi moderasinya. Penelitian ini menggunakan aplikasi IBM SPSS sebagai alat analisisnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemilikan asing, debt covenant, dan beban pajak tidak berpengaruh signifikan terhadap transfer pricing. Ukuran perusahaan tidak memoderasi secara signifikan pengaruh antara variabel beban pajak terhadap transfer pricing, namun ukuran perusahaan dapat memoderasi secara signifikan pengaruh antara variabel kepemilikan asing dan debt covenant terhadap transfer pricing. Simpulan dari penelitian ini yaitu kepemilikan asing, debt covenant, dan beban pajak tidak mempengaruhi indikasi praktik transfer pricing pada perusahaan manufaktur multinasional, sedangkan ukuran perusahaan dapat memoderasi hubungan antara kepemilikan asing dan debt covenant terhadap transfer pricing. Penelitian ini menyarankan agar proksi untuk mengukur variabel beban pajak menggunakan alternatif proksi lain dan variabel ukuran perusahaan dengan proksi yang sama dapat digunakan sebagai variabel moderating untuk diteliti kemampuannya dalam memoderasi variabel independen lainnya terhadap transfer pricing.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Transfer Pricing; Kepemilikan Asing; Debt Covenant; Beban Pajak; Ukuran Perusahaan
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 05 Sep 2020 08:35
Last Modified: 05 Sep 2020 08:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39082

Actions (login required)

View Item View Item