PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN DAN OPINI AUDIT TERHADAP TERJADINYA AUDITOR SWITCHING DENGAN DIMODERASI OLEH REPUTASI AUDITOR (Studi Kasus Pada Perusahaan Sektor Pertambangan Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2018)


Fitriana Silva Dwiyanti, 7211416107 (2020) PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN DAN OPINI AUDIT TERHADAP TERJADINYA AUDITOR SWITCHING DENGAN DIMODERASI OLEH REPUTASI AUDITOR (Studi Kasus Pada Perusahaan Sektor Pertambangan Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2018). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7211416107.pdf] PDF - Published Version
Download (1MB)

Abstract

Auditor switching merupakan tindakan yang dilakukan oleh suatu perusahaan untuk mengganti auditor maupun Kantor Akuntan Publik (KAP) yang diberi tugas melakukan audit atas laporan keuangannya. PP No. 20 tahun 2015 tentang Praktik Akuntan Publik sudah tidak membatasi perikatan KAP pada suatu perusahaan, namun masih terdapat perusahaan yang mengganti KAP nya. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh ukuran perusahaan dan opini audit terhadap auditor switching dengan indikator pergantian KAP dan menambahkan reputasi auditor sebagai variabel moderasi. Populasi penelitian ini adalah 39 perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2015-2018. Pemilihan sampel dilakukan menggunakan metode purposive sampel dan menghasilkan 132 unit analisis dari 33 emiten, namun terdapat 7 data outlier sehingga menjadi 125 unit analisis yang diolah. Pengujian hipotesis dilakukan menggunakan uji regresi logistik dan uji selisih mutlak untuk moderasinya dengan software IBM SPSS 21. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap terjadinya auditor switching, sedangkan opini audit berpengaruh signifikan negatif terhadap auditor switching. Reputasi auditor memperkuat pengaruh ukuran perusahaan terhadap auditor switching, namun reputasi auditor tidak mampu memperkuat pengaruh opini audit terhadap auditor switching. Keterbatasan pada penelitian ini yaitu belum membedakan pergantian KAP jenis upgrade, downgrade, dan samegrade. Selain itu jumlah pergantian KAP pada penelitian ini masih rendah yaitu hanya 10 sampel dibanding keseluruhan sampel yang berjumlah 125 sampel. Peneliti selanjutnya diharapkan mampu melengkapi keterbatasan dan menggunakan lebih banyak faktor internal seperti pergantian manajemen, manajemen laba, maupun financial distress dan faktor eksternal seperti audit fee, auditing report delay, dan lain-lain. Selain itu, indikator pergantian auditor bisa dilihat berdasarkan auditor atau akuntan publiknya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Ukuran Perusahaan, Opini Audit, Reputasi Auditor, Auditor switching
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 05 Sep 2020 08:28
Last Modified: 05 Sep 2020 08:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39080

Actions (login required)

View Item View Item