ANALISIS PENGARUH TINGKAT UTANG, UKURAN PERUSAHAAN DAN VOLATILITAS PENJUALAN TERHADAP PERSISTENSI LABA DENGAN VOLATILITAS ARUS KAS SEBAGAI VARIABEL MODERATING


SHAFIRA INDRIANI, 7211416072 (2020) ANALISIS PENGARUH TINGKAT UTANG, UKURAN PERUSAHAAN DAN VOLATILITAS PENJUALAN TERHADAP PERSISTENSI LABA DENGAN VOLATILITAS ARUS KAS SEBAGAI VARIABEL MODERATING. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7211416072.pdf] PDF - Published Version
Download (1MB)

Abstract

Persistensi laba adalah kemampuan perusahaan dalam mempertahankan laba yang diperolehnya pada periode yang berkelanjutan, sehingga laba tersebut dapat dijadikan gambaran akan laba tahun selanjutnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendapatkan bukti empiris mengenai pengaruh tingkat utang, ukuran perusahaan dan volatilitas penjualan terhadap persistensi laba dengan volatilitas arus kas sebagai variabel moderating. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam pengambilan keputusan pengguna laporan keuangan serta menjadi referensi untuk penelitian selanjutnya. Populasi penelitian ini adalah perusahaan sub sektor properti dan real estate yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia pada periode 2016-2018 dengan jumlah 64 perusahaan. Teknik pengambilan sampel pada penelitian adalah purposive sampling yang menghasilkan sebanyak 33 perusahaan selama 3 tahun, dengan data outlier sebanyak 23 unit sehingga menghasilkan 76 unit analisis. Jenis data yang digunakan pada penelitian ini adalah data sekunder yang dikumpulkan dengan metode dokumenter dari annual report yang diperoleh di www.idx.co.id. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial dengan menggunakan analisis regresi moderasi dan software IBM SPSS 24. Hasil penelitian menunjukkan bahwa volatiltas penjualan berpengaruh positif terhadap persistensi laba, sementara tingkat utang dan ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap persistensi laba. Selain itu, volatilitas arus kas mampu memperkuat pengaruh tingkat utang dan volatilitas penjualan namun tidak mampu memperkuat pengaruh ukuran perusahaan terhadap persistensi laba. Simpulan dari penelitian ini bahwa semakin tinggi nilai volatiltas penjualan maka semakin tinggi pula persistensi laba, selain itu volatilitas arus kas mampu memperkuat pengaruh tingkat utang dan volatilitas penjualan terhadap persistensi laba. Saran bagi manajemen perusahaan diharapkan untuk lebih memperhatikan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi persistensi laba seperti tingkat utang dan volatilitas penjualan mengingat persistensi laba merupakan salah satu pertimbangan utama bagi pengguna laporan keuangan dalam mengambil keputusan. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat menggunakan proksi lain dalam pengukuran persistensi laba dan menggunakan variabel moderating lain yang dapat memperkuat pengaruh ukuran perusahaan terhadap persistensi laba.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: persistensi laba, tingkat utang, ukuran perusahaan, volatilitas penjualan, volatilitas arus kas
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 05 Sep 2020 08:20
Last Modified: 05 Sep 2020 08:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39077

Actions (login required)

View Item View Item