PERLINDUNGAN KONSUMEN OLEH DINAS PERTANIAN DAN PANGAN KABUPATEN GUNUNGKIDUL TERHADAP PENJUALAN DAGING AYAM DI PASAR ARGOSARI


Yurist Firdaus M , 8111416189 (2020) PERLINDUNGAN KONSUMEN OLEH DINAS PERTANIAN DAN PANGAN KABUPATEN GUNUNGKIDUL TERHADAP PENJUALAN DAGING AYAM DI PASAR ARGOSARI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 8111416189.pdf] PDF - Published Version
Download (2MB)

Abstract

Daging ayam merupakan sumber protein hewani yang relatif murah dibandingkan dengan sumber protein hewani lainnya seperti daging sapi, daging kerbau dan daging kambing, sehingga banyak dikonsumsi oleh masyarakat. Jaminan mutu ayam yang baik untuk dikonsumsi adalah daging ayam yang ASUH (Aman, Sehat, Utuh, Halal) Permasalahan dalam penelitian ini mengenai (1). Pengawasan Daging Ayam Tidak Layak Konsumsi Di Pasar Tradisional Argosari Oleh Dinas Pertanian Dan Pangan Kabupaten Gunungkidul. (2). Perlindungan Konsumen Yang Diberikan Kepada Konsumen Terhadap Peredaran Daging Ayam Tidak Layak Konsumsi Di Pasar Argosari Oleh Dinas Pertanian Dan Pangan Kabupaten Gunungkidul Metode yang digunakan adalah metode penelitian hukum Kualitatif dengan pendekatan yuridis sosiologis. Penelitian ini dilakukan di BPSK Yogyakarta, Dinas Pertanian Dan Pangan Kabupaten Gunungkidul. Data yang dikumpulkan yaitu data primer dan data sekunder. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukan: (1). Pengawasan yang dilakukan Dinas Pertanian Dan Pangan Kabupaten Gunungkidul terhadap daging ayam di pasar Argosari tidak dilaksanakan rutin setiap hari serta masih ditemukan pedagang yang menjual daging ayam sisa kemarin. (2). Perlindungan konsumen yang diberikan oleh Dinas Pertanian Dan Pangan Kabupaten Gunungkidul berupa pembinaan dagingayam ASUH Simpulan: (1). Pemantauan Dinas Pertanian Dan Pangan Kabupaten Gunungkidul dalam melindungi konsumen dari peredaran daging ayam tidak ASUH sudah berjalan dengan baik, tetapi masih belum sesuai dengan ketentuan Peraturan Pemerintah No. 22 Tahun 1983 Tentang Kesehatan Masyarakat Veteriner. (2). Pemberian perlindungan konsumen oleh Dinas Pertanian Dan Pangan Kabupaten Gunungkidul sudah sesuai ketentuan pasal 4 huruf (f) UUPK.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Perlindungan Konsumen, Daging Ayam, Pasar Tradisional,
Subjects: K Law > K Law (General)
Fakultas: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 05 Sep 2020 08:04
Last Modified: 05 Sep 2020 08:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39070

Actions (login required)

View Item View Item