Pendeteksian Fraudulent Financial Statement melalui Analisis Fraud Diamond dengan Peran GCG sebagai Moderating


Lintang Vernanda Rahmadani, 7211416037 (2020) Pendeteksian Fraudulent Financial Statement melalui Analisis Fraud Diamond dengan Peran GCG sebagai Moderating. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7211416037.pdf] PDF - Published Version
Download (2MB)

Abstract

Fraudulent financial statement merupakan salah saji atau penghapusan terhadap jumlah ataupun pengungkapan yang dilakukan secara sengaja dengan tujuan untuk mengelabui penggunanya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh financial target, nature of industry, pergantian auditor, dan pergantian direksi terhadap fraudulent financial statement dengan GCG sevagai variabel moderasi. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan Property, Real Estate, dan Building Construction yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) 2016-1028 sebanyak 74 perusahaan. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling yang menghasilkan 38 perusahaan dengan 114 unit analisis. Analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi logistik dan analisis regresi interaksi dengan bantuan program IBM SPSS versi 23. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa financial target, nature of industry, pergantian auditor, dan pergantian direksi tidak berpengaruh positif terhadap fraudulent financial statement. Dewan komisaris memperlemah hubungan antara financial target terhadap fraudulent financial statement. Dewan komisaris tidak mampu memoderasi hubungan antara nature of industry, pergantian auditor, dan pergantian direksi terhadap fraudulent financial statement. Komisaris independen memperlemah hubungan antara financial target terhadap fraudulent financial statement. Komisaris independen tidak mampu memoderasi hubungan antara nature of industry, pergantian auditor, dan pergantian direksi terhadap fraudulent financial statement. Kepemilikan institusional tidak mampu memoderasi hubungan antara financial target, nature of industry, pergantian auditor, dan pergantian direksi terhadap fraudulent financial statement. Komite audit tidak mampu memoderasi hubungan antara financial target, nature of industry, pergantian auditor, dan pergantian direksi terhadap fraudulent financial statement. Simpulan dari penelitian ini adalah hanya variabel kepemilikan institusional yang mampu memperlemah hubungan antara financial target terhadap fraudulent financial statement. Atau dapat dikatakan GCG mampu meminimalisir fraudulent financial statement pada perusahaan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Fraudulent Financial Statement, Financial Target, Nature Of Industry, Pergantian Auditor, Pergantian Direksi, Good Corporate Governance
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
H Social Sciences > HG Finance
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 05 Sep 2020 07:40
Last Modified: 05 Sep 2020 07:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39062

Actions (login required)

View Item View Item