PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP POTENSI INDIKASI GEOGRAFIS USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH KOPI GURILANG DI KABUPATEN PEMALANG


Akrimatil Izat , 8111416023 (2020) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP POTENSI INDIKASI GEOGRAFIS USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH KOPI GURILANG DI KABUPATEN PEMALANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 8111416023.pdf] PDF - Published Version
Download (5MB)

Abstract

Kopi Gurilang merupakan salah satu produk UMKM yang berpotensi sebagai Indikasi Geografis di Kabupaten Pemalang berdasarkan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2016 Tentang Merek dan Indikasi Geografis. Rumusan masalah dari penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana perlindungan hukum terhadap potensi indikasi geografis kopi gurilang berdasarkan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2016 Tentang merek dan Indikasi Geografis? (2) Bagaimana peran Dinas Koperasi dan UMKM Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Pemalang dalam mendorong potensi indikasi geografis UMKM kopi gurilang? Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Yuridis Empiris dengan pendekatan penelitian kualitatif, sumber data penelitian berasal dari data primer yaitu (wawancara dan observasi) dan data sekunder yaitu (studi kepustakaan). Untuk memeriksa objektifitas dan keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) Kopi Gurilang merupakan produk UMKM di Kabupaten Pemalang yang memiliki potensi Indikasi Geografis, karena memiliki karakteristik, cirikhas dan kualitas yang berbeda dengan kopi lain sehingga UMKM kopi gurilang ini harus mendapatkan perlindungan hukum dengan cara mendaftarkan kopi gurilang sebagai produk indikasi geografis karena dengan didaftarkannya kopi gurilang maka dapat memberikan manfaat dari segi ekonomi serta mencegah terjadinya persaingan curang dan agar tidak diklaim daerah lain dikemudian hari. (2) Peran Pemerintah Kabupaten Pemalang yaitu Dinas Koperasi Perindustrian UMKM dan Perdagangan Kabupaten Pemalang kurang dalam hal sosialisasi serta edukasi mengenai Indikasi Geografis. Simpulan dari penelitian ini yaitu: (1) Perlindungan hukum terhadap potensi indikasi geografis Usaha Mikro Kecil dan Menengah kopi Gurilang di Kabupaten Pemalang adalah dengan di daftarkannya kopi Gurilang sebagai produk Indikasi Geografis sesuai dengan ketentuan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2016 Tentang Merek dan Indikasi Geografis. (2) Peran pemerintah dalam hal ini Dinas Koperasi dan UMKM Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Pemalang sangat dibutuhkan terutama dalam hal sosialisasi dan edukasi terkait indikasi geografis. Saran bagi Diskoperindag dan petani/pengrajin kopi Gurilang adalah dengan tetap menjaga dan mempertahankan kualitas kopi Gurilang serta segera mendaftarkan Kopi Gurilang sebagai produk Indikasi Geografis.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Perlindungan Hukum, Indikasi Geografis, UMKM Kopi Gurilang
Subjects: K Law > K Law (General)
Fakultas: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 05 Sep 2020 07:19
Last Modified: 05 Sep 2020 07:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39059

Actions (login required)

View Item View Item