LEVERAGE SEBAGAI PEMODERASI FAKTORFAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSERVATISME AKUNTANSI


Lina Sugiarti, 7211416021 (2020) LEVERAGE SEBAGAI PEMODERASI FAKTORFAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSERVATISME AKUNTANSI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7211416021.pdf] PDF - Published Version
Download (1MB)

Abstract

Konservatisme akuntansi merupakan suatu konsep yang didefinisikan sebagai prinsip kehati-hatian yang mengakui kerugian dan biaya lebih cepat, mengakui keuntungan dan pendapatan lebih lambat. Penerapan prinsip konservatisme akuntansi dalam pelaporan keuangan di suatu perusahaan dapat bermanfaat untuk menghindari perilaku oportunis manajer yang hendak memanipulasi laba. Penerapan konservatisme akuntansi dalam pelaporan keuangan masih tergolong rendah, hal ini ditandai dengan adanya kasus manipulasi laporan keuangan seperti yang terjadi di PT Kimia Farma dan PT Indofarma. Populasi penelitian adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2016-2018. Sampel penelitian dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria perusahaan yang terdaftar dan menerbitkan laporan keuangan selama tahun 2016-2018. Berdasarkan teknik ini, diperoleh sampel perusahaan manufaktur sebanyak 138 perusahaan sehingga diperoleh 330 unit analisis. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik dokumentasi. Teknik analisis data mengggunakan regresi linier berganda moderasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa growth opportunity berpengaruh negatif terhadap konservatisme akuntansi, sedangkan kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional dan ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap konservatisme akuntansi. Leverage mampu memperkuat pengaruh growth opportunity terhadap konservatisme akuntansi, namun tidak mampu memperkuat pengaruh kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional dan ukuran perusahaan terhadap konservatisme akuntansi. Simpulan penelitian yaitu growth opportunity yang tinggi dapat menurunkan penerapan konservatisme akuntansi. Tinggi rendahnya kepemilikan manajerial dan kepemilikan institusional serta besar kecilnya perusahaan tidak mempengaruhi konservatisme akuntansi. Leverage mampu memperkuat pengaruh growth opportunity terhadap konservatisme akuntansi. Saran untuk penelitian selanjutnya diharapkan dapat menggunakan proksi lainnya untuk variabel yang tidak berpengaruh, serta dapat menambah sektor dan tahun pengamatan agar hasilnya lebih maksimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Growth Opportunity, Kepemilikan Institusional, Kepemilikan Manajerial, Konservatisme Akuntansi, Leverage, Ukuran Perusahaan
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GF Human ecology. Anthropogeography > Conservation
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 05 Sep 2020 06:08
Last Modified: 05 Sep 2020 06:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39049

Actions (login required)

View Item View Item