PENGARUH KINERJA KEUANGAN TERHADAP PERTUMBUHAN LABA YANG DIMODERASI OLEH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY


Ulfatun Nikmah, 7211416010 (2020) PENGARUH KINERJA KEUANGAN TERHADAP PERTUMBUHAN LABA YANG DIMODERASI OLEH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7211416010.pdf] PDF - Published Version
Download (2MB)

Abstract

Pertumbuhan laba merupakan salah satu indikator yang digunakan oleh para stakeholder dalam melihat bagaimana kinerja keuangan perusahaan sebelumnya. Pertumbuhan laba yang tinggi merepresentasikan kinerja keuangan perusahaan yang baik. Munculnya UU No. 40 Tahun 2007 pasal 74 dan kewajiban pengungkapan Suistanability Reporting termasuk di dalamnya CSR mempengaruhi kinerja keuangan dan pertumbuhan laba perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kinerja keuangan terhadap pertumbuhan laba dengan CSR sebagai variabel moderasi. Pengukuran kinerja keuangan pada penelitian ini menggunakan proksi NPM, ROE, CR, dan DER. Populasi penelitian adalah 42 perusahaan sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2014-2018. Prosedur pemilihan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling sehingga menghasilkan 75 unit analisis dari 15 perusahaan dengan masa pengamatan 5 tahun. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi moderasi menggunakan alat bantu berupa SPSS. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel NPM berpengaruh signifikan positif terhadap pertumbuhan laba sedangkan variabel ROE, CR, dan DER tidak berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan laba. Selanjutanya untuk hasil uji moderasi menunjukan bahwa variabel CSR mampu memoderasi secara signifikan hubungan antara variabel NPM, ROE, dan DER terhadap pertumbuhan laba, sedangkan pada hubungan antara variabel CR dan pertumbuhan laba tidak mampu dimoderasi oleh CSR. Nilai Adjusted R Square pada penelitian ini menunjukan angka 0,287 yang mengindikasikan bahwa kemampaun variabel untuk menjelaskan pertumbuhan laba sebesar 28,7% sedangkan sisanya 71,3% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Simpulan penelitian adalah faktor-faktor yang terbukti mempengaruhi pertumbuhan laba adalah NPM dan CSR. Saran bagi penelitian selanjutnya dapat mengembangkan penelitian dengan menggunakan proksi yang berbeda dalam menilai kinerja keuangan, serta menambah variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini seperti inflasi, pertumbuhan ekonomi, kebijakan pemerintah, dan isu sosial politik yang tengah berkembang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Corporate Social Responsibility (CSR), Current Ratio (CR), Debt to Equity Ratio (DER), Net Profit Margin (NPM), Pertumbuhan Laba, dan Return on Equity (ROE)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 05 Sep 2020 05:57
Last Modified: 05 Sep 2020 05:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39046

Actions (login required)

View Item View Item