PENGARUH CAPITAL INTENSITY, INVENTORY INTENSITY, DAN PROFITABILITAS TERHADAP AGRESIVITAS PAJAK DENGAN KOMISARIS INDEPENDEN SEBAGAI VARIABEL MODERATING


Indriyani Pratama, 7211415043 (2020) PENGARUH CAPITAL INTENSITY, INVENTORY INTENSITY, DAN PROFITABILITAS TERHADAP AGRESIVITAS PAJAK DENGAN KOMISARIS INDEPENDEN SEBAGAI VARIABEL MODERATING. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7211415043.pdf] PDF - Published Version
Download (3MB)

Abstract

Penerimaan pajak di Indonesia masih belum optimal, dimana realisasi penerimaan pajak belum bisa mencapai target pajak yang telah ditentukan pada APBN. Hal tersebut diduga karena banyaknya kasus agresivitas pajak yang dilakukan oleh wajib pajak. Oleh karena itu, perlu diteliti faktor apa saja yang berpengaruh terhadap tindakan agresivitas pajak. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh capital intensity, inventory intensity, dan profitabilitas terhadap agresivitas pajak dengan komisaris independen sebagai variabel moderating. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh perusahaan properti dan real estate yang terdaftar di BEI (Bursa Efek Indonesia) pada tahun 2014-2018. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, proses seleksi sampel sampai akhir menghasilkan sebanyak 24 perusahaan dengan 120 unit analisis. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah metode regresi data panel dengan menggunakan program Eviews 9. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profitabilitas secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap agresivitas pajak. Sementara capital intensity dan inventory intensity secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap agresivitas pajak. Komisaris independen tidak mampu memoderasi pengaruh capital intensity, iventory intensity, dan profitabilitas terhadap agresivitas pajak. Simpulan dari penelitian ini adalah tindakan agresivitas pajak perusahaan dipengaruhi oleh rasio profitabilitas. Bagi peneliti selanjutnya disarankan dapat menggunakan variabel lain yang dapat memoderasi variabel independen terhadap agresivitas pajak, serta memunculkan variabel baru yang dapat meningkatkan atau menurunkan tingkat agresivitas pajak perusahaan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Agresivitas Pajak, Capital Intensity, Inventory Intensity, Profitabilitas, Komisaris Independen
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 05 Sep 2020 05:19
Last Modified: 05 Sep 2020 05:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39035

Actions (login required)

View Item View Item