PENGARUH KEBIJAKANGERBANG PEMBAYARAN NASIONAL (GPN) DAN SITUASI MAKROEKONOMI INDONESIA TERHADAP NILAI KURS RUPIAH


Intan Eka Syahputri, 7111416009 (2020) PENGARUH KEBIJAKANGERBANG PEMBAYARAN NASIONAL (GPN) DAN SITUASI MAKROEKONOMI INDONESIA TERHADAP NILAI KURS RUPIAH. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7111416009.pdf] PDF - Published Version
Download (1MB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah menganalisis menganai apa saja yang dapat mempengaruhi nilai kurs rupiah terhadap dolar Amerika Serikat pada tahun 2016 sampai dengan tahun 2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder. Variabel dalam penelitian ini adalah nilai kurs rupiah (Y) sebagai variabel dependen dan variabel suku bunga (X1), inflasi (X2), cadangan devisa (X3), ekspor (X4), impor (X5), Gerbang Pembayaran Nasional (X6) sebagai variabel dummy adalah variabel independennya. Metode analisis yang digunakan adalah deskriptif dan regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukan variabel suku bunga dan ekspor berpengaruh signifikan dan positif terhadap nilai kurs rupiah. Artinya adalah apabila terjadi kenaikan tingkat suku bunga dan ekspor akan menjadikan nilai kurs rupiah terhadap dolar Amerika Serikat menguat. Untuk variabel inflasi tidak berpengaruh terhadap nilai kurs rupiah dan positif, dimana ketika terjadi inflasi maka akan menguatkan nilai kurs rupiah. Sedangkan variabel cadangan devisa dan impor tidak berpengaruh dan negatif terhadap niali kurs rupiah, dimana ketika cadangan devisa naik dan impor naik maka akan melemahkan nilai kurs rupiah. Sedangkan untuk variabel Gerbang Pembayaran Nasional (dummy) arahnya adalah positif, sehingga apabila terjadi penambahan pengguna kartu Gerbang Pembayaran Nasional maka nilai kurs rupiah terhadap dolar Amerika Serikat menguat. Saran dari penelitian ini adalah Bank Sentral Indonesia memberikan dorongan kepada masyarakat untuk menggunakan kartu Gerbang Pembayaran Nasional untuk menguatkan nilai kurs rupiah. Karena dengan adanya kartu Gerbang pembayaran Nasional maka akan membatasi masyarakat untuk melakukan transaksi di luar negeri dan mencintai produk dalam negeri.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Nilai Kurs Rupiah Terhadap Dolar Amerika Serikat, Suku Bunga, Inflasi, Cadangan Devisa, Ekspor, Impor. Gerbang pembayaran Nasional
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HJ Public Finance
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 05 Sep 2020 04:41
Last Modified: 05 Sep 2020 04:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39029

Actions (login required)

View Item View Item