EFEKTIVITAS PROGRAM ASURANSI USAHATANI PADI (AUTP) DI KABUPATEN PATI


Fatihatul Mufidah, 7111415042 (2020) EFEKTIVITAS PROGRAM ASURANSI USAHATANI PADI (AUTP) DI KABUPATEN PATI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7111415042.pdf] PDF - Published Version
Download (2MB)

Abstract

Sektor pertanian merupakan salah satu sektor penting dalam perekonominan Indonesia. Namun sektor pertanian terutama tanaman padi dihadapkan pada risiko ketidakpastian tinggi yang ditanggung sendiri oleh pelaku usahatani. Oleh karena itu, pemerintah menunjuk BUMN yaitu PT. Jasa Asuransi Indonesia (Jasindo) membetuk program AUTP dengan tujuan melindungi petani dari risiko ketidakpastian dalam usahataninya. AUTP sudah diterapkan di Kabupaten Pati sejak tahun 2015. Namun, dalam pelaksanaannya masih terdapat beberapa kendala diantaranya masih rendahnya keikutsertaan petani dalam program tersebut. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan analisis deskriptif dengan menggunakan skala likert untuk mengetahui efektivitas Program AUTP di Kabupaten Pati. Populasi dalam penelitian ini yaitu petani padi peserta AUTP di Kabupaten Pati. Teknik pengambilan sampel menggunakan pendekatan slovin dan diperoleh ukuran sampel sebanyak 86 responden. Sumber data yang digunakan adalah data primer melalui penyebaran kuesioner kepada peserta AUTP di Kabupaten Pati. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, kuesioner dan dokumentasi dengan teknik pengambilan sampel proporsional random sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan Program AUTP di Kabupaten Pati yang diukur berdasarkan indikator ketepatan tujuan sudah sangat tepat tujuan diperoleh nilai sebesar 288 atau 83,8%, berdasarkan indikator ketepatan sasaran sudah sangat tepat sasaran diperoleh nilai sebesar 290 atau 84,4% sedangkan berdasarkan indikator ketepatan manfaat sudah tepat manfaat diperoleh nilai sebesar 271 atau 78,9%. Jadi dapat disimpulkan bahwa efektivitas Program AUTP di Kabupaten Pati masuk dalam kategori sudah efektif dengan perhitungan efektivitas sebesar 283 atau 81,6%. Saran yang dapat diberikan yaitu diharapkan dinas terkait agar lebih giat dalam melaksanakan sosialisasi, pendampingan serta meningkatkan persepsi petani dengan pendekatan secara langsung melalui penyuluhan mengenai manfaat program dari petugas lapangan agar pelaksanaan Program AUTP berjalan dengan lancar sehingga partisipasi keikutsertaan petani di Kabupaten Pati dapat bertambah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Asuransi Usahatani Padi (AUTP), Ketepatan Tujuan Program, Ketepatan Sasaran Program, Ketepatan Manfaat Program
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HG Finance
S Agriculture > S Agriculture (General)
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 05 Sep 2020 04:17
Last Modified: 05 Sep 2020 04:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39025

Actions (login required)

View Item View Item