PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, LIKUIDITAS DAN STRUKTUR MODAL TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY SEBAGAI VARIABEL INTERVENING


Luklu’ul Eka Suntari , 7101416252 (2020) PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, LIKUIDITAS DAN STRUKTUR MODAL TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101416252.pdf] PDF - Published Version
Download (2MB)

Abstract

Nilai perusahaan merupakan persepsi investor terhadap tingkat keberhasilan perusahaan yang sering dikaitkan dengan harga saham. Setiap perusahaan berusaha mengoptimalkan nilai perusahaan karena semakin tinggi nilai perusahaan maka kepercayaan pasar terhadap perusahaan semakin tinggi sehingga berdampak pada prospek perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh dari ukuran perusahaan, likuiditas, struktur modal terhadap nilai perusahaan dengan pengungkapan Corporate Social Responsibility sebagai variabel intervening. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2016-2018. Sampel diambil dengan metode purposive sampling dengan jumlah 299 unit analisis dari 104 perusahaan. Data dikumpulkan dengan metode dokumentasi. Alat analisis pada penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan rata-rata nilai perusahaan tahun 2016-2018 sebesar 2,8 mengindikasikan perusahaan yang baik. Rata-rata ukuran perusahaan 14,86 adalah indikasi berusahaan besar. Rata-rata struktur modal sebesar 1,99 menunjukkan penggunaan utang yang tinggi dan rata-rata pengungkapan CSR sebesar 12%. Terdapat pengaruh positif likuiditas dan pengungkapan CSR terhadap nilai perusahaan. Tidak ada pengaruh ukuran perusahaan dan struktur modal terhadap nilai perusahaan. Terdapat pengaruh ukuran perusahaan terhadap pengungkapan CSR. Tidak terdapat pengaruh likuiditas dan struktur modal terhadap pengungkapan CSR. Simpulan penelitian ini adalah pengungkapan CSR belum bisa memediasi secara penuh variabel ukuran perusahaan, likuiditas dan struktur modal. Pengungkapan CSR hanya memediasi secara parsial pengaruh ukuran perusahaan dan likuiditas terhadap nilai perusahaan. Saran sesuai dengan hasil penelitian ini kepada perusahaan dan investor agar lebih memperhatikan pengungkapan CSR dan tingkat rasio likuiditas perusahaan karena variabel tersebut yang berpengaruh terhadap nilai perusahaan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Ukuran Perusahaan, Likuiditas, Struktur Modal, Pengungkapan CSR, Nilai Perusahaan.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 05 Sep 2020 03:23
Last Modified: 05 Sep 2020 03:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39021

Actions (login required)

View Item View Item