PENGARUH PENDAPATAN, SIKAP KEUANGAN, DAN LOCUS OF CONTROL INTERNAL TERHADAP PERILAKU KEUANGAN MELALUI LITERASI KEUANGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING


Reza Imawati, 7101416286 (2020) PENGARUH PENDAPATAN, SIKAP KEUANGAN, DAN LOCUS OF CONTROL INTERNAL TERHADAP PERILAKU KEUANGAN MELALUI LITERASI KEUANGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101416286.pdf] PDF - Published Version
Download (1MB)

Abstract

Semakin bertambah usia semakin banyak kebutuhan yang diperlukan untuk menunjuang kehidupan. Keinginan individu yang semakin kompleks menjadikan individu sulit mengontrol dan mengatur keuangan. Kegiatan konsumtif yang terus-menerus dilakukan tanpa adanya perilaku keuangan yang baik akan menyebabkan kegagalan keuangan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh pendapatan, sikap keuangan, dan locus of control internal terhadap perilaku keuangan baik secara langsung maupun tidak langsung yaitu melalui literasi keuangan. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa dengan basis ekonomi pada jenjang S1 Perguruan Tinggi Negeri se-Kota Semarang. Penentuan sampel menggunakan rumus Slovin dengan jumlah sampel sebanyak 400 mahasiswa. Keseluruhan jumlah sampel penelitian ini berasal dari Universitas Diponegoro, Universitas Negeri Semarang, dan UIN Walisongo Semarang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proprtional random sampling. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif, analisis jalur, dan uji sobel. Hasil penelitian menunjukkan secara langsung sikap keuangan, locus of control internal, dan literasi keuangan berpengaruh positif signifikan terhadap perilaku keuangan, serta terdapat pengaruh negatif signifikan antara pendapatan terhadap perilaku keuangan. Sementara itu, sikap keuangan dan locus of control internal berpengaruh positif signifikan terhadap literasi keuangan, dan pendapatan berpengaruh negatif signifikan terhadap literasi keuangan. Hasil pengaruh mediasi sikap keuangan dan locus of control internal berpengaruh positif signifikan terhadap perilaku keuangan. Sementara itu, hasil pengaruh mediasi pendapatan tidak berpengaruh terhadap perilaku keuangan melalui literasi keuangan. Simpulan penelitian ini adalah pendapatan, sikap keuangan, locus of control internal, dan literasi keuangan berpengaruh terhadap perilaku keuangan. Literasi keuangan berhasil memediasi sikap keuangan dan locus of control internal terhadap perilaku keuangan, namun tidak berhasil memediasi pendapatan. Saran penelitian ini mahasiswa mengurangi gaya hidup konsumtif, membuat rencana anggaran, mencatat keuangan harian, memprioritaskan kebutuhan daripada keinginan, menyisihkan uang saku untuk ditabung, menggunakan uang secukupnya, dan berinvestasi untuk jangka pendek maupun jangka panjang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Perilaku Keuangan, Pendapatan, Sikap Keuangan, Locus of Control Internal, Literasi Keuangan
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 05 Sep 2020 03:14
Last Modified: 05 Sep 2020 03:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39020

Actions (login required)

View Item View Item