PENGARUH PEMBELAJARAN DI PERGURUAN TINGGI DAN LINGKUNGAN SOSIAL TERHADAP PERILAKU KEUANGAN DENGAN LITERASI KEUANGAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI


Dwi Utami , 7101416130 (2020) PENGARUH PEMBELAJARAN DI PERGURUAN TINGGI DAN LINGKUNGAN SOSIAL TERHADAP PERILAKU KEUANGAN DENGAN LITERASI KEUANGAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101416130.pdf] PDF - Published Version
Download (3MB)

Abstract

Mahasiswa Pendidikan Ekonomi seharusya memiliki perilaku keuangan yang baik karena sudah mendapatkan pengetahuan mengenai keuangan. Namun pada kenyataannya permasalahan perilaku keuangan pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Semarang masih menjadi sorotan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji analisis pengaruh pembelajaran di perguruan tinggi dan lingkungan sosial terhadap perilaku keuangan dengan literasi keuangan sebagai variabel moderasi. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan angket sebagai instrumen pengambilan data. Populasi dalam penelitian ini yaitu mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Semarang tahun angkatan 2017 sejumlah 261 mahasiswa. Jumlah sampel sebanyak 158 mahasiswa dengan menggunakan rumus Slovin. Teknik sampling menggunakan proportional random sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi moderasi. Analisis deskriptif menunjukkan bahwa perilaku keuangan, pembelajaran di perguruan tinggi dan lingkungan sosial berada dalam kategori baik, sedangkan literasi keuangan berada dalam kategori cukup. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan pembelajaran di perguruan tinggi terhadap perilaku keuangan, terdapat pengaruh positif dan signifikan lingkungan sosial terhadap perilaku keuangan. Uji moderasi menunjukkan bahwa literasi keuangan secara signifikan memoderasi pengaruh pembelajaran di perguruan tinggi terhadap perilaku keuangan, literasi keuangan secara signifikan memoderasi pengaruh lingkungan sosial terhadap perilaku keuangan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat diambil kesimpulan bahwa (1) pembelajaran di perguruan tinggi berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku keuangan, (2) lingkungan sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku keuangan, (3) literasi keuangan secara signifikan memoderasi pengaruh pembelajaran di perguruan tinggi terhadap perilaku keuangan, (4) literasi keuangan secara signifikan memoderasi pengaruh lingkungan sosial terhadap perilaku keuangan. Saran dari peneliti meliputi perlu adanya pengadaan seminar tentang keuangan dari perguruan tinggi, perlu adanya penekanan pada materi keuangan, mahasiswa perlu meningkatkan literasi keuangan secara mandiri lebih banyak membaca literatur yang berkaitan dengan keuangan

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran di Perguruan Tinggi, Lingkungan Sosial, Literasi Keuangan, Perilaku Keuangan
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 05 Sep 2020 00:58
Last Modified: 05 Sep 2020 00:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39012

Actions (login required)

View Item View Item