PERAN EMOTIONAL INTELLIGENCE DAN ORGANIZATIONAL ACTIVITY DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI AKUNTANSI MAHASISWA DENGAN STUDENT ENGAGEMENT SEBAGAI MEDIATOR


Dela Yuniarsih , 7101416200 (2020) PERAN EMOTIONAL INTELLIGENCE DAN ORGANIZATIONAL ACTIVITY DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI AKUNTANSI MAHASISWA DENGAN STUDENT ENGAGEMENT SEBAGAI MEDIATOR. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Full text not available from this repository. (Request a copy)

Abstract

Universitas Negeri Semarang sebagai perguruan tinggi yang mencetak lulusan Akuntansi harus senantiasa meningkatkan kompetensi akuntansi mahasiswa agar mampu bersaing secara global. Agar mampu bersaing, mahasiswa akuntansi harus meningkatkan kompetensi profesional, wawasan terbuka terhadap perubahan serta mempertahankan nilai dan etika yang baik. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh emotional intelligence dan organizational activity terhadap kompetensi akuntansi mahasiswa melalui student engagement sebagai variabel mediasi. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa jurusan Akuntansi UNNES angkatan 2016. Sampel diambil dengan teknik nonprobability sampling menggunakan purposive sampling. penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan pengumpulan data menggunakan kuesioner. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan emotional intelligence berpengaruh positif signifikan terhadap kompetensi akuntansi, organizational activity tidak berpengaruh terhadap kompetensi akuntansi mahasiswa, student engagement berpengaruh positif signifikan terhadap kompetensi akuntansi. Emotional intelligence berpengaruh positif signifikan terhadap student engagement, dan organizational activity berpengaruh positif signifikan terhadap student engagement. Emotional intelligence dan organizational activity berpengaruh positif signifikan terhadap kompetensi akuntansi melalui student engagement. Simpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh positif signifikan emotional intelligence terhadap kompetensi akuntansi. Tidak terdapat pengaruh organizational activity terhadap kompetensi akuntansi. Student engagement memediasi secara positif dan signifikan pengaruh emotional intelligence terhadap kompetensi akuntansi mahasiswa. Student engagement memediasi secara positif dan signifikan pengaruh organizational activity terhadap kompetensi akuntansi mahasiswa. Saran yang diberikan bagi mahasiswa akuntansi Universitas Negeri Semarang untuk meningkatkan kompetensi akuntansi sebaiknya mahasiswa aktif dalam organisasi yang dapat mendukung kompetensi akuntansi seperti komunitas yang fokus untuk mengkaji akuntansi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Akuntansi, Emotional Intelligence, Organizational Activity, Student Engagement.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 05 Sep 2020 00:52
Last Modified: 05 Sep 2020 00:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39011

Actions (login required)

View Item View Item