PENGARUH PENGETAHUAN INKLUSI KEUANGAN, MOTIF MENABUNG, DAN LINGKUNGAN SOSIAL TERHADAP MINAT MENABUNG DI BANK SYARIAH DENGAN RELIGIUSITAS SEBAGAI VARIABEL MODERASI


Mirandhawati , 7101416236 (2020) PENGARUH PENGETAHUAN INKLUSI KEUANGAN, MOTIF MENABUNG, DAN LINGKUNGAN SOSIAL TERHADAP MINAT MENABUNG DI BANK SYARIAH DENGAN RELIGIUSITAS SEBAGAI VARIABEL MODERASI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101416236.pdf] PDF - Published Version
Download (1MB)

Abstract

Minat menabung di Bank Syariah adalah suatu keinginan yang muncul dari diri sendiri secara sadar tanpa adanya tekanan untuk menyimpan uang di lembaga perbankan yang menjalankan kegiatan usahanya berdasarkan prinsip syariah untuk tujuan sebagai pemenuhan kebutuhan masa depan. Mahasiswa perbankan syariah FEBI UIN Walisongo yang memiliki pemahaman mengenai ilmu perbankan syariah, namun masih sedikit yang menggunakan Bank Syariah sebagai tempat menyimpan uang dan bertransaksi. Tujuan Penelitian ini ialah untuk menguji apakah terdapat pengaruh antara pengetahuan inklusi keuangan, motif menabung, dan lingkungan sosial terhadap minat menabung di Bank Syariah dengan religiusitas sebagai variabel moderasi. Objek penelitian ini ialah mahasiswa Program Studi Perbankan Syariah FEBI UIN Walisongo Semarang tahun angkatan 2017 sejumlah 157 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling, sampel yang digunakan sebanyak 113 mahasiswa dengan rumus slovin. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan Moderated Regression Analysis (MRA). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengetahuan inklusi keuangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung di Bank Syariah, motif menabung berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung di Bank Syariah, dan lingkungan sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung di Bank Syariah. Variabel religiusitas tidak mampu memoderasi pada pengaruh pengetahuan inklusi keuangan, motif menabung dan lingkungan sosial terhadap minat menabung di Bank Syariah. Simpulan dari penelitian ini adalah pengetahuan inklusi keuangan, motif menabung, dan lingkungan sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung di Bank Syariah namun variabel religiusitas tidak mampu menjadi variabel moderasi. Saran untuk penelitian ini hendaknya Bank Syariah memberikan tawaran yang menarik bagi calon nasabah serta memberikan sosialisasi ke masyarakat dan mahasiswa dapat mengaplikasikan ilmu perbankan syariah dengan mensosialisasikan kepada masyarakat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Minat Menabung, Pengetahuan Inklusi Keuangan, Motif Menabung, Lingkungan Sosial, Religiusitas, Bank Syariah.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 05 Sep 2020 00:48
Last Modified: 05 Sep 2020 00:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39010

Actions (login required)

View Item View Item