Kesiapan Guru TIK Dalam Pelaksanaan Pembelajaran TIK di SMP se Kecamatan Juwana Kabupaten Pati


Andreas Agus Wibawa , 1102404034 (2011) Kesiapan Guru TIK Dalam Pelaksanaan Pembelajaran TIK di SMP se Kecamatan Juwana Kabupaten Pati. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Kesiapan Guru TIK Dalam Pelaksanaan Pembelajaran TIK di SMP se Kecamatan Juwana Kabupaten Pati]
Preview
PDF (Kesiapan Guru TIK Dalam Pelaksanaan Pembelajaran TIK di SMP se Kecamatan Juwana Kabupaten Pati) - Submitted Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Pengetahuan guru dalam merumuskan kesiapan pembelajaran sangat penting sebab akan dijadikan pedoman dalam menyampaikan materi agar sesuai dengan kurikulum dan mendapatkan hasil yang baik. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana tingkat kesiapan guru TIK dalam pelaksanaan pembelajaran TIK di SMP se Kecamatan Juwana Kabupaten Pati? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesiapan guru TIK dalam pelaksanaan pembelajaran TIK di SMP se Kecamatan Juwana Kabupaten Pati. Variabel dalam penelitian ini adalah kesiapan dan pelaksanaan pembelajaran. . Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan metode observasi, sedangkan analisis data menggunakan deskriftif persentase. Berdasarkan data hasil penelitian dan pembahasan dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut.Berdasarkan hasil penelitian, guru TIK di SMP se Kecamatan Juwana Kabupaten Pati dalam merumuskan kesiapan pembelajaran TIK tergolong baik dengan dengan skor presentase 70.47%.Berdasarkan hasil penelitian, guru TIK di SMP se Kecamatan Juwana Kabupaten Pati dalam pelaksanan pembelajaran TIK juga tergolong baik dengan skor presentasi 69.11%. Berdasarkan hasil penelitian variasi perbedaan antara guru TIK Negeri dan Swasta dalam merencanakan pembelajaran adalah kemampuan guru sekolah Negeri dalam merencanakan pembelajaran adalah 67,8% sedangakan kemampuan guru Sekolah swasta dalam merencanakan pembelajaran adalah 79,1% dan termasuk dalam kriteria baik. Berdasarkan hasil penelitian variasi perbedaan tentang pelaksanaan pembelajaran antara sekolah negeri dan swasta adalah tingkat kemampuan guru sekolah Negeri dalam melaksanakan pembelajaran adalah 65% dan termasuk dalam kriteria baik sedangakan kemampuan guru Sekolah swasta dalam melaksanakan pembelajaran adalah 82,3% dan termasuk dalam criteria baik. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti memberi saran yang direkomendasikan diantaranya, Bagi pemegang otoritas di dunia pendidikan untuk menghasilkan mutu pelajaran TIK yang lebih baik hendaknya mengeluarkan kebijakan guru TIK berasal dari Sarjana TIK. Bagi guru TIK hendaknya tidak hanya menggunakan media pembelajaran yang ada di sekolah saja, dan hendaknya Guru bukan hanya mempunyai kemampuan secara otodidak tetapi guru TIK harus terus mendalami tentang mata pelajaran TIK untuk lebih meningkatkan mutu pembelajaran TIK.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kesiapan Guru TIK Dalam Pelaksanaan Pembelajaran TIK, Kurikulum Pendidikan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: eko handoyo perpustakaan
Date Deposited: 05 Sep 2011 08:09
Last Modified: 25 Apr 2015 05:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/3901

Actions (login required)

View Item View Item