PERAN PRINCIPAL TRANSFORMATIONAL LEADERSHIP DALAM MEMODERASI PENGARUH KOMPETENSI GURU TERHADAP KINERJA GURU AKUNTANSI


Riki Faisal Ali , 7101416223 (2020) PERAN PRINCIPAL TRANSFORMATIONAL LEADERSHIP DALAM MEMODERASI PENGARUH KOMPETENSI GURU TERHADAP KINERJA GURU AKUNTANSI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101416223.pdf] PDF - Published Version
Download (4MB)

Abstract

Upaya peningkatan kinerja guru terus dilakukan oleh pemerintah salah satuya melalui Uji Kompetensi Guru (UKG), namun hasil yang dicapai belum optimal. Permasalahan yang muncul yaitu kurangnya kompetensi yang dimiliki oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk menguji peran principal transformational leadership dalam memoderasi pengaruh kompetensi guru terhadap kinerja guru akuntansi. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Desain penelitian menggunakan survei angket sebagai instrumen pengumpul data. Populasi dalam penelitian adalah sguru akuntansi di SMK Program Keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga Se Kota Semarang berjumlah 74 guru akuntansi. Adapun jumlah sampel sebanyak 74 guru akuntansi. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis regresi moderasi (moderated regression analysis). Analisis deskriptif menunjukan bahwa kinerja guru, kompetensi pedagogik, dan kompetensi kepribadian berada dalam kategori sangat tinggi dan kompetensi profesional, kompetensi sosial dan principal transformational leadership berada dalam kategori tinggi. Hasil penelitian menunjukan bahwa kompetensi profesional, kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru. Uji moderasi menunjukan bahwa principal transformational leadership memperkuat pengaruh kompetensi pedagogik terhadap kinerja guru, principal transformational leadership tidak mampu memoderasi pengaruh kompetensi profesional, kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial terhadap kinerja guru. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat diambil kesimpulan bahwa (1) kompetensi profesional, kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru (2) principal transformational leadership memperkuat pengaruh kompetensi pedagogik terhadap kinerja guru (3) principal transformational leadership tidak mampu memoderasi pengaruh kompetensi profesional, kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial terhadap kinerja guru. Saran dari peneliti yaitu penerapan kepemimpinan transformasional kepala sekolah perlu dimaksimalkan di segala aspek kehidupan sekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Profesional, Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Kepribadian, Kompetensi Sosial, Principal Transfoormational Leaadership, Kinerja Guru.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 05 Sep 2020 00:32
Last Modified: 05 Sep 2020 00:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39008

Actions (login required)

View Item View Item