PENGARUH PENDIDIKAN ETIKA PROFESI DAN LOVE OF MONEY TERHADAP PERSEPSI ETIS MAHASISWA AKUNTANSI DENGAN LOCUS OF CONTROL SEBAGAI VARIABEL MODERASI


Mutiara Puji Pangestu , 7101416225 (2020) PENGARUH PENDIDIKAN ETIKA PROFESI DAN LOVE OF MONEY TERHADAP PERSEPSI ETIS MAHASISWA AKUNTANSI DENGAN LOCUS OF CONTROL SEBAGAI VARIABEL MODERASI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101416225.pdf] PDF - Published Version
Download (981kB)

Abstract

Persepsi etis mahasiswa akuntansi adalah sikap mahasiswa akuntansi dalam menilai suatu keadaan dan perilaku seseorang apakah sudah sesuai dengan etika, serta dapat menempatkan dirinya sendiri sebagai calon akuntan profesional yang menjalankan kode etik dengan baik dan benar. Mahasiswa Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang yang memiliki pemahaman mengenai kode etik dan aturan bagi akuntan, namun masih sedikit yang belum bisa mempersepsikan dirinya sendiri untuk menjadi seorang akuntan yang baik dan benar sesuai kode etik akuntan. Tujuan penelitian ini ialah untuk menguji apakah terdapat pengaruh antara pendidikan etika profesi dan love of money terhadap persepsi etis mahasiswa akuntansi dengan locus of control sebagai variabel moderasi. Objek penelitian ini ialah mahasiswa Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang tahun angkatan 2017 sejumlah 200 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling, sampel yang digunakan sebanyak 134 mahasiswa dengan rumus slovin. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan Moderated Regression Analysis (MRA). Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa persepsi etis mahasiswa akuntansi berada pada kriteria sangat tinggi, pendidikan etika profesi berada pada kriteria sangat tinggi, love of money berada pada kriteria cukup, locus of control berada pada kriteria tinggi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendidikan etika profesi berpengaruh positif dan signifikan terhadap persepsi etis mahasiswa akuntansi, love of money tidak berpengaruh terhadap persepsi etis mahasiswa akuntansi. Variabel locus of control mampu menjadi moderasi pada pendidikan etika profesi, dan love of money terhadap persepsi etis mahasiswa akuntansi. Simpulan dari penelitian ini adalah pendidikan etika berpengaruh positif dan signifikan, dan love of money tidak berpengaruh terhadap persepsi etis mahasiswa akuntansi namun variabel locus of control mampu menjadi variabel moderasi. Saran untuk penelitian ini adalah budaya yang berstandar etika salah satunya seperti menghargai pendapat sesama teman harus dipertahankan dan ditingkatkan bagi mahasiswa akuntansi sebagai calon akuntan profesional.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Persepsi Etis, Pendidikan Etika, Love of Money, Locus of Control
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 05 Sep 2020 00:26
Last Modified: 05 Sep 2020 00:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39007

Actions (login required)

View Item View Item