STRATEGI HUMAS DALAM MENINGKATKAN CITRA SMK PELITA NUSANTARA 1 (STUDI KASUS SEBELUM PEMBERLAKUAN ZONASI PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU)


Selvy Kusumaningrum , 7101416234 (2020) STRATEGI HUMAS DALAM MENINGKATKAN CITRA SMK PELITA NUSANTARA 1 (STUDI KASUS SEBELUM PEMBERLAKUAN ZONASI PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101416234.pdf] PDF - Published Version
Download (617kB)

Abstract

Citra adalah kesan yang diperoleh berdasarkan pengetahuan dari fakta, yang salah atau informasi yang tidak lengkap yang dapat mengakibatkan citra yang tidak sempurna. Berdasarkan observasi awal yang dilakukan oleh peneliti terdapat adanya peningkatan jumlah penerimaan peserta didik pada tahun 2014-2017 di SMK Pelita Nusantara 1. Pada tahun 2014 jumlah peserta didik di SMK Pelita Nusantara 1 sebanyak 174 siswa. Tahun 2015 SMK Pelita Nusantara 1 mengalami peningkatan sebesar 55%. Kemudian pada tahun 2016 terjadi peningkatan sebesar 2,5% dan pada 2017 meningkat sebesar 4,3 % dari tahun sebelumnya. Data yang didapat menggambarkan bahwa jumlah siswa yang diterima cukup tinggi untuk kategori sekolah swasta. Hal ini menunjukkan adanya kepercayaan yang tinggi dari masyarakat terhadap SMK Pelita Nusantara 1. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui bagaimana strategi yang dilakukan oleh humas SMK Pelita Nusantara 1 dalam meningkatkan citra sekolah, (2) kendala yang dihadapi humas SMK Pelita Nusantara 1 dalam meningkatkan citra sekolah, serta (3) upaya yang dilakukan humas SMK Pelita Nusantara 1 menghadapi kendala dalam meningkatkan citra sekolah. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan metode kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah observasi, dokumentasi dan wawancara. Analisis data yang digunakan yaitu dengan mengumpulkan data, mereduksi data, kemudian menyajikan data untuk menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi humas SMK Pelita Nusantara 1 dalam meningkatkan citra sekolah yaitu melakukan promosi sekolah melalui berbagai media, mengikuti kegiatan lomba dan mengadakan kegiatan sosial, menyebarkan berita baik melalui alumni dan komponen sekolah, melaksanakan sambung rasa pimpinan sekolah dengan wali murid, meningkatkan intensitas kerjasama dengan DU/DI. Simpulan penelitian ini adalah strategi humas SMK Pelita Nusantara 1 dalam meningkatkan citra sekolah sudah baik, meskipun menemukan kendalakendala yang dapat menghambat upaya yang dilakukan oleh humas dalam meningkatkan citra sekolah. Saran yang dapat diberikan yaitu: 1) Memaksimalkan fungsi sosial media yang ada. 2) Menyimpan dokumentasi dan laporan humas sesuai dengan tata kearsipan yang ada. 3) Mempererat hubungan kerjasama dengan DU/DI.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: strategi, humas, citra, sekolah
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 05 Sep 2020 00:22
Last Modified: 05 Sep 2020 00:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39006

Actions (login required)

View Item View Item