PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF GYMNOSPERMAE BERBASIS ANDROID DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI PLANTAE DI SMA


Isna Rizqi Amalia, 4401414018 (2020) PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF GYMNOSPERMAE BERBASIS ANDROID DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI PLANTAE DI SMA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4401414018.pdf] PDF - Published Version
Download (8MB)

Abstract

Materi plantae merupakan salah satu pokok bahasan pelajaran biologi kelas X. Kondisi di sekolah yang berada di dataran rendah menyebabkan keanekaragaman tumbuhan yang ada di lingkungan sekolah tidak begitu banyak dan tidak ada tumbuhan Gymnospermae. Pembelajaran masih dilakukan menggunakan metode ceramah berbantuan media power point serta buku pegangan guru dan siswa. Siswa kurang aktif dan kurang terlibat pada proses pembelajaran sehingga mempengaruhi hasil belajarnya. Tujuan penelitian ini mengembangkan media interaktif Gymnospermae berbasis android (MIGA) dengan model pembelajaran discovery learning pada materi plantae di SMA. Penelitian ini merupakan penelitian research and development (R&D) dengan tahapan pengumpulan data, desain produk, validasi produk, revisi produk, uji coba skala kecil, revisi produk, uji coba skala besar, revisi produk dan produk final. Hasil penilaian validasi MIGA oleh ahli materi mendapatkan skor sebesar 91,67% (sangat valid) dan oleh ahli media mendapatkan 100% (sangat valid). Keefektifan media yang dilihat dari hasil belajar siswa berdasarkan nilai pre test dan post test menunjukan terjadi peningkatan pengetahuan dengan rata-rata N-gain sebesar 0,49 (sedang) dan ketuntasan klasikal siswa mencapai 100%. Selain itu MIGA dinyatakan sangat praktis berdasarkan penilaian respon guru sebesar 85,41% dan siswa sebesar 83,12%. Berdasarkan analisis hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa MIGA yang dikembangkan valid, efektif, dan praktis digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Interaktif Gymnospermae, Discovery Learning, Hasil Belajar.
Subjects: L Education > Special Education > Biology Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 04 Sep 2020 18:10
Last Modified: 04 Sep 2020 18:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39004

Actions (login required)

View Item View Item