Implementasi Alat Pembelajaran IPS Dengan Menggunakan Permainan Monopoli Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Di MI A- Amin Warungasem Kabupaten Batang Tahun Ajaran 2010/2011.


Illa Amrullah M. , 1102404026 (2011) Implementasi Alat Pembelajaran IPS Dengan Menggunakan Permainan Monopoli Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Di MI A- Amin Warungasem Kabupaten Batang Tahun Ajaran 2010/2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Implementasi Alat Pembelajaran IPS Dengan Menggunakan Permainan Monopoli Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Di MI A- Amin Warungasem Kabupaten Batang Tahun Ajaran 2010/2011]
Preview
PDF (Implementasi Alat Pembelajaran IPS Dengan Menggunakan Permainan Monopoli Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Di MI A- Amin Warungasem Kabupaten Batang Tahun Ajaran 2010/2011) - Submitted Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Permasalahan penelitian ini adalah apakah pembelajaran dengan monopoli dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS sejarah pada kelas V MI Al Amin Warungasem tahun ajaran 2010/2011. Peneliti menggunakan model penelitian tindakan kelas (Classroom Action Reasearch) atau disingkat CAR. Peneliti sebagai observer yang mengamati proses pembelajaran IPS sejarah dengan menggunakan permainan monopoli di MI Al Amin Warungasem. Faktor yang diteliti adalah kegiatan peserta didik dan faktor guru. Penelitian ini untuk mengetahui apakah dengan permainan monopoli hasil belajar siswa kelas V MI Al-Amin bisa meningkat. Pengumpulan data dilakukan pada bulan mei 2011. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian Siklus I nilai rata-rata kognitif siswa 6,3 dengan ketuntasan klasikal 56,25% dengan 18 tuntas dan 14 tidak tuntas, dibandingkan sebelum diadakan penelitian dengan nilai rata-rata kognitif siswa 6,0 dengan ketuntasan klasikal 37,50% 12 tuntas dan 20 tidak tuntas dan terus meningkat pada siklus II yaitu nilai rata-rata kognitif siswa 7,2 dengan rata-rata ketuntasan klasikal 87,50% tuntas 28 tidak tuntas 4. Kenaikan nilai rata-rata kognitif siswa dari prasiklus menuju siklus I sebesar 18,75% sedangkan kenaikan nilai rata-rata siswa dari siklus I menuju siklus II sebesar 31,25%. Pada siklus I-II aktivitas siswa juga mengalami kenaikan Simpulan, pembelajaran dengan menggunakan permainan monopoli yang telah dilaksanakan di kelas V MI Al Amin Warungasem Batang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Telah terjadi peningkatan ketuntasan belajar sebesar 31,25% dari siklus I ke siklus II dengan perolehan nilai rata rata pada siklus I sebesar 6,3 dengan persentasi ketuntasan sebesar 56,25% atau sebanyak 18 siswa tuntas belajar dan 14 siswa tidak tuntas belajar dan siklus II sebesar 7,2 sudah mencapai diatas standar yang telah ditentukan sekolah dan menerapkan nilai ketuntasan belajar minimal 6,5. Pada siklus II presentase ketuntasan belajar sebesar 87,50% atau 28 siswa telah tuntas dan 4 siswa belum tuntas. Saran, permainan monopoli dapat dijadikan solusi untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS sejarah. Karena dapat melibatkan siswa aktif dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran IPS, Permainan Monopoli, Kurikulum Pendidikan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: eko handoyo perpustakaan
Date Deposited: 05 Sep 2011 07:58
Last Modified: 25 Apr 2015 05:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/3900

Actions (login required)

View Item View Item