Pengaruh Lingkungan Masyarakat Sekolah dan Kondisi Sosial Ekonomi Orang Tua Pada Prestasi Belajar Geografi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Geyer Kabupaten Grobogan Tahun Ajaran 2010/2011


Neni Dirawati, 3201406522 (2011) Pengaruh Lingkungan Masyarakat Sekolah dan Kondisi Sosial Ekonomi Orang Tua Pada Prestasi Belajar Geografi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Geyer Kabupaten Grobogan Tahun Ajaran 2010/2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Lingkungan Masyarakat Sekolah dan Kondisi Sosial Ekonomi Orang Tua Pada Prestasi Belajar Geografi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Geyer Kabupaten Grobogan Tahun Ajaran 2010/2011]
Preview
PDF (Pengaruh Lingkungan Masyarakat Sekolah dan Kondisi Sosial Ekonomi Orang Tua Pada Prestasi Belajar Geografi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Geyer Kabupaten Grobogan Tahun Ajaran 2010/2011) - Submitted Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Prestasi belajar dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Faktor eksternal terdiri dari lingkungan masyarakat, lingkungan sekolah dan keluarga. Untuk mencapai peningkatan mutu pendidikan diperlukan dukungan dari lingkungan tersebut. Lingkungan masyarakat yang nyaman untuk belajar, lingkungan sekolah yang layak untuk proses belajar mengajar, dan dukungan orang tua dalam segi ekonomi merupakan pendukung belajar siswa. Berdasarkan observasi awal pada SMA Negeri 1 Geyer Kabupaten Grobogan, dapat diketahui bahwa setiap siswa memiliki prestasi belajar yang rendah karena mereka memiliki later belakang lingkungan masyarakat dan kondisi sosial ekonomi orang tua yang pasti berbeda, serta suasana sekolah yang menurut mereka nyaman untuk proses belajar mengajar. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) sejauhmanakah lingkungan masyarakat pada prestasi belajar geografi siswa kelas XI IPS SMA N 1 Geyer? (2) sejauhmanakah pengaruh sekolah pada prestasi belajar geografi siswa kelas XI IPS SMA N 1 Geyer? (3) sejauhmanakah pengaruh kondisi sosial ekonomi orang tua pada prestasi belajar geografi siswa kelas XI IPS SMA N 1 Geyer? (4) adakah pengaruh antara lingkungan masyarakat, sekolah dan kondisi sosial ekonomi pada prestasi belajar geografi siswa kelas XI IPS SMA N 1 Geyer?. Dengan tujuan untuk mengetahui (1) pengaruh lingkungan masyarakat pada prestasi belajar geografi siswa kelas XI IPS SMA N 1 Geyer (2) pengaruh sekolah pada prestasi belajar geografi siswa kelas XI IPS SMA N 1 Geyer (3) pengaruh kondisi sosial ekonomi orang tua pada prestasi belajar geografi siswa kelas XI IPS SMA N 1 Geyer (4) ada atu tidak pengaruh antara lingkungan masyarakat, sekolah dan kondisi sosial ekonomi pada prestasi belajar geografi siswa kelas XI IPS SMA N 1 Geyer. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA N 1 Geyer yang berjumlah 84 orang. Sampel penelitian diambil secara total sampling dan diperoleh 84 orang siswa sebagai responden. Variabel dalam penelitian ini adalah: (1) lingkungan masyarakat, (2) sekolah, (3) kondisi sosial ekonomi orang tua, (4) prestasi belajar. Metode pengumpulan data dengan menggunakan metode kuesioner/ angket, dokumentasi dan observasi. Metode analisis data dengan menggunakan analisis deskriptif persentase dan regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa secara umum (38,10%) lingkungan masyarakat siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Geyer berada dalam kategori tinggi. Pada variabel sekolah secara umum (46,43%) berada dalam kategori tinggi. Pada variabel kondisi sosial ekonomi orang tua secara umum (59,52%)berada dalam kategori rendah. Pada variabel prestasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Geyer secara umum (75%) berada dalam kategori tinggi. Saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini yaitu (1) Masyarakat sekolah maupun masyarakat tempat tinggal siswa sebaiknya dapat memberikan dukungan, bimbingan, dan pengawasan bagi anak-anak sekolah yang berada di lingkungannya sehingga tercipta suasana belajar yang kondusif sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa, (2) Sekolah sebaiknya dapat memberikan suasana lingkungan sekolah yang menyenangkan bagi siswa agar siswa bisa tenang dan memperhatikan saat mengikuti proses belajar mengajar yang sedang berlangsung sehingga prestasi yang diinginkan dapat tercapai. serta memberikan bimbingan dan pengarahan bagi siswa yang kurang mampu agar dapat melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi terutama bagi siswa-siswa berprestasi yang kurang mampu agar lebih bersemangat dalam belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar, Lingkungan masyarakat, Sekolah, dan Kondisi Sosial Ekonomi Orang Tua.
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: eko handoyo perpustakaan
Date Deposited: 28 Mar 2011 03:36
Last Modified: 25 Apr 2015 04:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/390

Actions (login required)

View Item View Item