Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi dengan Teknik Penemuan Kata Kunci Melalui Media Gambar Siswa Kelas VII C MTs Nahdlatusy Syubban Sayung Demak


Umi Mufhidah, 2101405578 (2009) Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi dengan Teknik Penemuan Kata Kunci Melalui Media Gambar Siswa Kelas VII C MTs Nahdlatusy Syubban Sayung Demak. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi dengan Teknik Penemuan Kata Kunci Melalui Media Gambar Siswa Kelas VII C MTs Nahdlatusy Syubban Sayung Demak]
Preview
PDF (Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi dengan Teknik Penemuan Kata Kunci Melalui Media Gambar Siswa Kelas VII C MTs Nahdlatusy Syubban Sayung Demak) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi awal, diketahui bahwa kemampuan menulis puisi siswa kelas VII C MTs Nahdlatusy Syubban Sayung Demak masih rendah. Rendahnya kemampuan siswa dalam menulis puisi disebabkan oleh faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal berasal dari siswa, sedangkan faktor eksternal salah satunya berasal dari teknik dan media yang digunakan guru dalam proses pembelajaran. Oleh sebab itu, penelitian ini berusaha untuk mencari solusi terhadap masalah di atas melalui pembelajaran menulis dengan menggunakan teknik dan media baru, yaitu teknik penemuan kata kunci melalui media gambar. Pemilihan teknik kata kunci melalui media gambar berdasar kepada tuntutan kurikulum tingkat satuan pendidikan yang memberi kebebasan kepada guru untuk memilih teknik dan media yang beragam dan sesuai dengan tujuan pembelajaran. Berdasarkan paparan di atas, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakah peningkatan kemampuan menulis puisi siswa kelas VII C MTs Nahdlatusy Syubban Sayung Demak setelah mengikuti pembelajaran menulis puisi dengan teknik penemuan kata kunci melalui media gambar, dan (2) bagaimanakah perubahan perilaku belajar siswa kelas VII C MTs Nadhlatusy Syubban Sayung Demak dalam mengikuti proses pembelajaran menulis puisi dengan teknik penemuan kata kunci melalui media gambar. Adapun tujuannya yaitu untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis puisi siswa kelas VII C MTs Nahdlatusy Syubban Sayung Demak setelah mengikuti pembelajaran menulis puisi dengan teknik penemuan kata kunci melalui media gambar dan mendeskripsikan perubahan perilaku belajar siswa kelas VII C MTs Nahdlatusy Syubban dalam mengikuti proses pembelajaran menulis puisi dengan teknik penemuan kata kunci melalui media gambar. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi guru, siswa, peneliti, dan pembaca. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu tindakan siklus I dan tindakan siklus II. Tiap-tiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitiannya adalah kemampuan menulis puisi siswa kelas VII C MTs Nahdlatusy Syubban Sayung Demak. Sedangkan variabel penelitiannya yaitu kemampuan menulis puisi dan teknik penemuan kata kunci melalui media gambar. Pengambilan data menggunakan teknik tes dan nontes. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes dan nontes. Instrumen tes yang digunakan adalah lembar tugas yang berisi perintah menulis puisi, sedangkan instrumen nontes yang digunakan adalah observasi, wawancara, jurnal, dan dokumentasi foto. Penelitian ini dianalisis dengan teknik kuantitatif dan kualitatif. Setelah data dianalisis disimpulkan bahwa adanya peningkatan kemampuan menulis puisi dengan teknik penemuan kata kunci melalui media gambar sebesar 21,38. Nilai rata-rata kelas pada tindakan siklus I sebesar 59,63 dan mengalami peningkatan sebesar 21,38% menjadi 72,38 pada tindakan siklus II. Setelah digunakan teknik penemuan kata kunci melalui media gambar, terjadi perubahan perilaku belajar siswa ke arah positif. Siswa yang sebelumnya merasa malas dan kurang aktif, pada silkus II semakin aktif dan bersemangat dalam mengikuti pembelajaran. Penulis menyarankan kepada guru agar menggunakan teknik penemuan kata kunci melalui media gambar sebagai alternatif pada pembelajaran menulis puisi. Bagi siswa hendaknya mengikuti kegiatan pembelajaran menulis puisi dengan semangat dan berperilaku positif sehingga siswa dapat mengekspresikan gagasan secara bebas dalam bentuk puisi dengan baik dan menarik. Bagi peneliti lain hendaknya dapat melakukan penelitian serupa dengan teknik dan media pembelajaran yang berbeda sehingga diperoleh sebagai alternatif media pembelajaran menulis puisi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Menulis puisi, teknik penemuan kata kunci, media gambar
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 18 Mar 2011 02:21
Last Modified: 25 Apr 2015 03:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39

Actions (login required)

View Item View Item