PERAN MOTIVASI MENJADI GURU DALAM MEMEDIASI PENGARUH PERSEPSI PENDIDIKAN PROFESI GURU DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MINAT MENGIKUTI PPG PRAJABATAN (Studi Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Semarang dan Universitas Negeri Yogyakarta Angkatan 2017)


Nur Sallamah, 7101416119 (2020) PERAN MOTIVASI MENJADI GURU DALAM MEMEDIASI PENGARUH PERSEPSI PENDIDIKAN PROFESI GURU DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MINAT MENGIKUTI PPG PRAJABATAN (Studi Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Semarang dan Universitas Negeri Yogyakarta Angkatan 2017). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101416119.pdf] PDF - Published Version
Download (5MB)

Abstract

PPG Prajabatan dapat diikuti oleh lulusan S1 Kependidikan termasuk lulusan pendidikan ekonomi. Namun, tidak semua mahasiswa pendidikan ekonomi dapat mengikuti program PPG karena kuota peserta dan program studi yang dibuka PPG terbatas setiap tahunnya. Hal ini dapat menyurutkan minat mahasiswa untuk mengikuti PPG Prajabatan, sedangkan PPG Prajabatan penting untuk menghasilkan guru yang professional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran motivasi menjadi guru dalam memediasi pengaruh persepsi pendidikan profesi guru dan lingkungan keluarga terhadap minat mengikuti PPG Prajabatan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain hypothesis testing study. Populasi penelitian ini sebanyak 329 mahasiswa pendidikan ekonomi angkatan 2017 yang terdiri dari 268 mahasiswa UNNES dan 61 mahasiswa UNY. Jumlah sampel sebanyak181 mahasiswa yang terdiri dari 147 mahasiswa UNNES dan 34 mahasiswa UNY dihitung menggunakan rumus Slovin. Teknik pengambilan sampel dengan proportional random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif, analisis jalur, dan uji sobel. Hasil analisis deskriptif menunjukan minat mengikuti PPG Prajabatan berada dalam kategori cukup tinggi, persepsi pendidikan profesi guru dalam kategori baik, lingkungan keluarga dalam kategori sangat mendukung, dan motivasi menjadi guru berada dalam kategori tinggi. Hasil penelitian menunjukan bahwa persepsi pendidikan profesi guru dan motivasi menjadi guru berpengaruh positif terhadap minat mengikuti PPG Prajabatan. Lingkungan keluarga tidak mempengaruhi minat mengikuti PPG Prajabatan. Persepsi pendidikan profesi guru dan lingkungan keluarga berpengaruh positif terhadap motivasi menjadi guru. Persepsi pendidkan profesi guru dan lingkungan keluarga berpengaruh positif terhadap minat mengikuti PPG Prajabatan melalui motivasi menjadi guru. Simpulan penelitian ini peran motivasi menjadi guru dalam memediasi pengaruh persepsi pendidikan profesi guru terhadap minat mengikuti PPG Prajabatan bersifat partial mediation. Sedangkan, peran motivasi menjadi guru dalam memediasi pengaruh lingkungan keluarga terhadap minat mengikuti PPG Prajabatan bersifat full mediation. Saran dalam penelitian ini mahasiswa pendidikan ekonomi perlu tetap meningkatkan motivasi dalam dirinya untuk menjadi guru sehingga akan tumbuh kesadaran untuk mengikuti PPG Prajabatan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Menjadi Guru, Persepsi Pendidikan Profesi Guru, Lingkungan Keluarga, Minat Mengikuti PPG Prajabatan
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > family environment
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 04 Sep 2020 17:12
Last Modified: 04 Sep 2020 17:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38992

Actions (login required)

View Item View Item