MOTIVASI BERPRESTASI SEBAGAI MEDIATOR PENGARUH PARENTAL INVOLVEMENT, TEACHER SUPPORT, PEER SUPPORT DAN SELF EFFICACY TERHADAP STUDENT ENGAGEMENT


Novera Wamassati, 7101416103 (2020) MOTIVASI BERPRESTASI SEBAGAI MEDIATOR PENGARUH PARENTAL INVOLVEMENT, TEACHER SUPPORT, PEER SUPPORT DAN SELF EFFICACY TERHADAP STUDENT ENGAGEMENT. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101416103.pdf] PDF - Published Version
Download (2MB)

Abstract

Tingkat student engagement mahasiswa Pendidikan Ekonomi termasuk dalam kategori cukup rendah. Terdapat 21% mahasiswa Pendidikan Ekonomi memiliki IPK rendah dan 123 mahasiswa yang dinyatakan mundur, pindah dan di drop out dari kampus. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh parental involvement, teacher support, peer support, dan self efficacy terhadap student engagement dengan di mediasi oleh motivasi berprestasi pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Semarang tahun angkatan 2016 yang berjumlah 316 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan probability sampling yaitu proportional random sampling dengan 177 responden. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif, analisis jalur dan sobel test. Hasil analisis deskriptif menunjukkan student engagement, teacher support, peer support dalam kategori tinggi, sedangkan parental involvement, self efficacy dan motivasi berprestasi masuk dalam ketegori cukup tinggi. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh positif teacher support, peer support dan motivasi berprestasi terhadap student engagement. Parental involvement tidak berpengaruh terhadap student engagement. Self efficacy berpengaruh negatif terhadap student engagement. Parental involvement, teacher support, dan self efficacy berpengaruh positif terhadap motivasi berprestasi. Peer support tidak berpengaruh terhadap motivasi berprestasi. Parental involvement, teacher support dan self efficacy berpengaruh positif terhadap student engagement melalui motivasi berprestasi. Peer support tidak berpengaruh terhadap student engagement melalui motivasi berprestasi. Simpulan dari penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh positif parental involvement, teacher support, dan self efficacy terhadap student engagement melalui motivasi berprestasi. Sedangkan peer support tidak berpengaruh terhadap student engagement melalui motivasi berprestasi. Saran yang dapat diberikan untuk mahasiswa sebaiknya dapat meningkatkan komunikasi dengan orangtua, dosen memberikan contoh sikap yang baik, dan menciptakan diskusi kelompok antar teman agar dapat meningkatkan motivasi berprestasi mahasiswa dan meningkatkan keterlibatan aktif dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Parental Involvement, Teacher Support, Peer Support, Self Efficacy, Motivasi Berprestasi, Student Engagement
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > Efficacy
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 04 Sep 2020 17:04
Last Modified: 04 Sep 2020 17:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38990

Actions (login required)

View Item View Item