PERAN PENGETAHUAN INVESTASI DAN LITERASI KEUANGAN DALAM MEMEDIASI PENGARUH EDUKASI PASAR MODAL TERHADAP MINAT INVESTASI MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG


Fatimah, 7101416081 (2020) PERAN PENGETAHUAN INVESTASI DAN LITERASI KEUANGAN DALAM MEMEDIASI PENGARUH EDUKASI PASAR MODAL TERHADAP MINAT INVESTASI MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101416081.pdf] PDF - Published Version
Download (3MB)

Abstract

Bursa Efek Indonesia (BEI) selaku pengelola penjualan efek di Indonesia terus melakukan upaya-upaya untuk meningkatkan investasi masyarakat di pasar modal. Sasaran utama BEI dalam menjaring investor-investor baru adalah dengan mendirikan galeri investasi di setiap universitas yang ada di Indonesia termasuk di Fakultas Ekonomi UNNES. Melalui galeri investasi yang ada di setiap universitas ini BEI melakukan edukasi dan pengenalan terkait investasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran pengetahuan investasi dan literasi keuangan dalam memediasi pengaruh edukasi pasar modal terhadap minat investasi mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi yang terdaftar di Galeri Investasi tahun 2018- 2019 sejumlah 219 mahasiswa. Jumlah sampel sebanyak 142 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Metode pengumpulan data dengan menggunakan kuisioner. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, analisis jalur, dan uji sobel. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa minat investasi dalam kategori sangat tinggi, kemudian untuk edukasi pasar modal, pengetahuan investasi, dan literasi keuangan masuk dalam kategori baik. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh positif signifikan edukasi pasar modal dan pengetahuan investasi terhadap minat investasi. Tidak adanya pengaruh literasi keuangan terhadap minat investasi. Ada pengaruh positif signifikan edukasi pasar modal terhadap pengetahuan investasi dan literasi keuangan. Edukasi pasar modal berpengaruh positif signifikan terhadap minat investasi melaui pengetahuan investasi. Literasi keuangan tidak dapat memediasi pengaruh edukasi pasar modal terhadap minat investasi. Simpulan penelitian ini adalah edukasi pasar modal dan pengetahuan investasi berpengaruh positif signifikan terhadap minat investasi. Literasi keuangan tidak berpengaruh terhadap minat investasi. Edukasi pasar modal berpengaruh positif signifikan terhadap pengetahuan investasi dan literasi keuangan. Pengetahuan investasi dapat memediasi pengaruh edukasi pasar modal terhadap minat investasi. Literasi keuangan tidak dapat memediasi pengaruh edukasi pasar modal terhadap minat investasi. Saran untuk penelitian ini adalah agar pelaksanaan program edukasi pasar modal yang dilakukan oleh Galeri Investasi untuk dievaluasi dan ditingkatkan lagi agar mahasiswa lebih bisa meningkatkan pengetahuan investasi literasi keuangan, dan minat investasi yang dimilikinya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Minat Investasi, Edukasi Pasar Modal, Pengetahuan Investasi, Literasi Keuangan
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HJ Public Finance
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 04 Sep 2020 16:54
Last Modified: 04 Sep 2020 16:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38988

Actions (login required)

View Item View Item