PENGARUH PENERAPAN E-BOOK BERMUATAN STEM TERINTEGRASI ETNOSAINS TERHADAP KETERAMPILAN GENERIK SAINS PESERTA DIDIK PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA


Izatul Azalia , 4301416040 (2020) PENGARUH PENERAPAN E-BOOK BERMUATAN STEM TERINTEGRASI ETNOSAINS TERHADAP KETERAMPILAN GENERIK SAINS PESERTA DIDIK PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4301416040.pdf] PDF - Published Version
Download (4MB)

Abstract

Tantangan ekonomi global abad 21 membutuhkan sumber daya manusia dengan keterampilan generik yang menunjang fleksibilitas, adaptasi dan kemampuan dalam bekerja. Keterampilan generik sains adalah keterampilan yang harus dicapai oleh peserta didik melalui penguasaan kompetensi. Keterampilan generik sains dapat dikembangkan dengan bahan ajar e-book bermuatan STEM terintegrasi etnosains. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan e-book bermuatan STEM terintegrasi etnosains terhadap keterampilan generik sains peserta didik pada materi kesetimbangan kimia. Metode penelitian yang digunakan yaitu Eksperimen dengan Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi yang digunakan yaitu seluruh peserta didik kelas XI IPA di SMAN 12 Semarang. Sampel penelitian diambil dengan teknik cluster random sampling. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes pilihan ganda beralasan untuk mengukur keterampilan generik sains peserta didik, angket untuk mengetahui tanggapan peserta didik terhadap bahan ajar e-book. Instrumen penelitian berupa bahan ajar ebook bermuatan STEM terintegrasi Etnosains, soal tes dan angket respon peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji perbedaan rata-rata, analisis pengaruh antar variabel, dan penentuan koefisien determinasi. Hasil rata-rata keterampilan generik sains peserta didik pada kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing yaitu 51,27 dan 39,19. Perhitungan koefisien determinasi menunjukan penerapan e-book bermuatan Etnosains terintegrasi STEM berkontribusi sebesar 21,65%. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan e-book bermuatan STEM terintegrasi etnosains berpengaruh terhadap keterampilan generik sains peserta didik pada materi kesetimbangan kimia.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: etnosains, STEM, keterampilan generik sains, e-book
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 04 Sep 2020 16:40
Last Modified: 04 Sep 2020 16:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38984

Actions (login required)

View Item View Item