PENGARUH PERSEPSI PROFESI, PERSEPSI KESEJAHTERAAN, DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MINAT MENJADI GURU DENGAN MOTIVASI MENJADI GURU SEBAGAI VARIABEL INTERVENING
Oktaviani Dewi Pamugati, 7101416056 (2020) PENGARUH PERSEPSI PROFESI, PERSEPSI KESEJAHTERAAN, DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MINAT MENJADI GURU DENGAN MOTIVASI MENJADI GURU SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
- Published Version
Download (3MB) |
Abstract
Minat menjadi guru merupakan suatu ketertarikan dan keinginan seseorang terhadap profesi guru yang ditunjukkan dengan adanya rasa senang dan perhatian yang lebih terhadap profesi guru dari dalam diri seseorang tersebut tanpa adanya orang lain yang menyuruh. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh persepsi profesi guru, persepsi kesejahteraan guru, dan lingkungan keluarga terhadap minat menjadi guru dengan motivasi menjadi guru sebagai variabel intervening. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Akuntansi angkatan 2017 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang sebanyak 92 mahasiswa. Seluruh populasi dijadikan responden dalam penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner/angket. Teknik pengolahan dan analisis data menggunakan analisis deskriptif, analisis jalur, uji t dan uji sobel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi profesi guru dan lingkungan keluarga tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menjadi guru. Persepsi kesejahteraan guru berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap minat menjadi guru. Motivasi menjadi guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menjadi guru. Persepsi profesi guru, persepsi kesejahteraan guru, dan lingkungan keluarga berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi menjadi guru. Persepsi profesi guru, persepsi kesejahteraan guru, dan lingkungan keluarga berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menjadi guru melalui motivasi menjadi guru. Simpulan penelitian ini adalah secara langsung persepsi profesi guru, persepsi kesejahteraan guru, dan lingkungan keluarga tidak berpengaruh secara signifikan terhadap minat menjadi guru sedangkan secara tidak langsung persepsi profesi guru, persepsi kesejahteraan guru, dan lingkungan keluarga berpengaruh secara signifikan terhadap minat menjadi guru. Saran yang diberikan yaitu mahasiswa hendaknya lebih aktif dan terus menggali pengetahuan mengenai profesi guru seperti hak dan kewajiban guru serta mengikuti kegiatan yang mampu meningkatkan kompetensi-kompetensi yang dibutuhkan sebagai calon guru seperti seminar kependidikan, workshop kurikulum, dan pelatihan pembelajaran kreatif dan inovatif.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Persepsi Profesi, Persepsi Kesejahteraan, Lingkungan Keluarga, Minat Menjadi Guru, Motivasi Menjadi Guru |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > family environment |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1 |
Depositing User: | S.Hum Maria Ayu |
Date Deposited: | 04 Sep 2020 16:33 |
Last Modified: | 04 Sep 2020 16:33 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38983 |
Actions (login required)
View Item |