PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN LKS-E MULTIREPRESENTASI TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI LARUTAN ASAM DAN BASA


Zuyyina Hasanati , 4301416039 (2020) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN LKS-E MULTIREPRESENTASI TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI LARUTAN ASAM DAN BASA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4301416039.pdf] PDF - Published Version
Download (595kB)

Abstract

Pembelajaran sains pada kurikulum 2013 telah memberikan acuan dalam pemilihan model pembelajaran yang sesuai dengan pendekatan saintifik. Kurikulum 2013 dapat diterapkan menggunakan media LKS-E Multirepresentasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dan penggunaan LKS-E Multirepresentasi terhadap respon siswa. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif eksperimen. Jenis penelitian yang digunakan yaitu quasi experiment. Desain penelitian ini adalah posttest only control group design. Populasi yang digunakan adalah seluruh siswa kelas XI MIPA di MAN 2 Kota Semarang. Sampel penelitian diambil dengan teknik cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 5 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data yang dilakukan yaitu metode tes three tier multiple choice untuk mengukur pemahaman konsep siswa dan metode angket untuk mengetahui respon siswa terhadap LKS-E Multirepresentasi. Instrumen penelitian berupa LKS-E Multirepresentasi, soal tes dan angket respon siswa. Instrumen tes yang digunakan diujicobakan terlebih dahulu sebelum digunakan dalam penelitian. Uji coba ini untuk mengetahui durasi waktu untuk mengerjakan tes, estimasi validitas, estimasi reliabilitas, daya beda, dan indeks kesukaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan LKS-E Multirepresentasi terhadap pemahaman konsep yang dibuktikan dengan uji t, korelasi point biserial dan koefisien determinasi sebesar 46,4%. Siswa memberikan respon dalam kategori cukup baik terhadap LKS-E Multirepresentasi. Hasil ini berdasarkan pada rata-rata skor total angket dari 34 siswa pad akelas eksperimen adalah 29,35 dari 45.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: larutan asam dan basa, LKS-E multirepresentasi, pemahaman konsep.
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 04 Sep 2020 16:26
Last Modified: 04 Sep 2020 16:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38980

Actions (login required)

View Item View Item