“DETERMINAN KOMPETENSI AKUNTANSI KOMPUTER MAHASISWA PENDIDIKAN AKUNTANSI UNNES DITINJAU MENGGUNAKAN TEORI I-E-O ASTIN” (Studi Empiris Pada Mahasiswa Pendidikan Akuntansi UNNES)


Fahmi Ibnu Ibad, 7101416047 (2020) “DETERMINAN KOMPETENSI AKUNTANSI KOMPUTER MAHASISWA PENDIDIKAN AKUNTANSI UNNES DITINJAU MENGGUNAKAN TEORI I-E-O ASTIN” (Studi Empiris Pada Mahasiswa Pendidikan Akuntansi UNNES). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101416047.pdf] PDF - Published Version
Download (588kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah self-efficacy (SLF), selfregulated (SRG), computer attitude (CMPT) dan student engagement (SE) adalah faktor-faktor pembentuk kompetensi komputer akuntansi mahasiswa (ACC). Penelitian ini juga bermaskut untuk mengkonfirmasi teori I-E-O astin dengan keadaan empiris yang ada dilapangan. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Semarang 2016 dan 2017 yaitu sebanyak 200 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan sampel jenuh sehingga semua populasi dijadikan sampel. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Teknik analisis yang digunakan analisis deskriptif dan analisis Structural Equation Model (SEM) mengunakan AMOS 23. Hasil analisis deskriptif menunjukan bahwa kompetensi akuntansi komputer, self-efficacy, self-regulated, computer attitude dan student engagement memiliki respresentasi yang baik untuk penyebaran data. Selanjutnya hasil penelitian menunjukan bahwa self-efficacy dan self-regulated tidak berpengaruh terhadap kompetensi akuntansi komputer. Self-efficacy tidak berpengaruh terhadap student engagement. Kemudian self-efficacy dan self-regulated tidak memiliki pengaruh terhadap kompetensi akuntansi komputer melalui student engagement. Computer attitude berpengaruh terhadap kompetensi akuntansi komputer. Self-regulated, computer attitude dan student engagement berpengaruh terhadap kompetensi akuntansi komputer. Computer attitude memiliki pengaruh terhadap kompetensi akuntansi komputer melalui student engagement. Penelitian ini menyimpulkan bahwa computer attitude berpengaruh terhadap komptensi akuntansi komputer. Self-regulated, computer attitude dan student engagement terhadap kompetensi akuntansi komputer. Computer attitude memiliki pengaruh terhadap kompetensi akuntansi komputer melalui student engagement. Saran ditujukan untuk Universitas harus memperhatikan penyusunan kurikulum akuntansi komputer yang sesuai dengan tuntutan dunia kerja, pendidik pendidikan ekonomi harus meningkatkan keterlibatan mahasiswa dalam pelaksanaan perkuliahan akuntansi komputer, mahasiswa harus meningkatkan kompetensi akuntansi komputer untuk dapat bersaing di era disrupsi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Komputer Akuntansi, Self-Efficacy, Self-Regulated, Computer Attitude, Student Engagement
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 04 Sep 2020 16:20
Last Modified: 04 Sep 2020 16:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38979

Actions (login required)

View Item View Item