DETERMINAN MINAT PENGGUNAAN UANG ELEKTRONIK DENGAN KEINOVATIFAN PERSONAL SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi pada Mahasiswa Universitas Negeri Semarang Angkatan 2016)


Dinda Monica, 7101416042 (2020) DETERMINAN MINAT PENGGUNAAN UANG ELEKTRONIK DENGAN KEINOVATIFAN PERSONAL SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi pada Mahasiswa Universitas Negeri Semarang Angkatan 2016). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101416042.pdf] PDF - Published Version
Download (6MB)

Abstract

Minat penggunaan uang elektronik yang merupakan teknologi baru di bidang pembayaran masih rendah, termasuk dikalangan mahasiswa yang terpelajar. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh persepsi kegunaan, persepsi kemudahan penggunaan, persepsi risiko terhadap minat penggunaan uang elektronik dengan keinovatifan personal sebagai moderasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa aktif Universitas Negeri Semarang Angkatan 2016 yang berjumlah 6.329 mahasiswa, dan sampel penelitian sejumlah 376 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel adalah proportional random sampling. Pengumpulan data dilakukan menggunakan angket. Metode analisis menggunakan Stcructural Equation Model (SEM) dengan alat analisis SmartPLS 3.2. Hasil statistik deskriptif menunjukkan minat penggunaan uang elektronik, persepsi kegunaan, persepsi kemudahan penggunaan, dan keinovatifan personal berada pada kategori tinggi, persepsi risiko pada kategori cukup. Terdapat empat hipotesis ditolak dan tiga hipotesis diterima dari total tujuh hipotesis. Persepsi kegunaan, persepsi kemudahan penggunaan dan keinovatifan personal berpengaruh signifikan terhadap minat pengguaan uang elektronik secara berturutturut sebesar 55,6%, 31,75% dan 12%. Sedangkan variabel keinovatifan personal tidak memoderasi variabel persepsi kegunaan, persepsi kemudahan penggunaan dan persepsi risiko terhadap minat penggunaan uang elektronik. Simpulan penelitian bahwa keinovatifan personal sebagai moderasi tidak berpengaruh terhadap minat penggunaan uang elektronik. Variabel eksogen persepsi kegunaan, dan persepsi kemudahan penggunaan berpengaruh terhadap minat penggunaan uang elektronik kecuali variabel eksogen persepsi risiko. Saran yang diberikan yaitu mahasiswa harus menambah literasi penggunaan uang elektronik, mengupgrade dan mempelajari fiture-fiture yang ada pada aplikasi uang elektronik, serta memperkenalkan uang elektronik kepada sesama mahasiswa sebagai bentuk pengaplikasian keinovatifan personal yang dimiliki responden.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Uang Elektronik, Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Risiko, Keinovatifan Personal
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 04 Sep 2020 16:13
Last Modified: 04 Sep 2020 16:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38977

Actions (login required)

View Item View Item