PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN DAN PROFITABILITAS TERHADAP PENGUNGKAPAN CSR DENGAN JUMLAH ANGGOTA DIREKSI SEBAGAI VARIABEL MODERASI


Prianto, 7101416002 (2020) PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN DAN PROFITABILITAS TERHADAP PENGUNGKAPAN CSR DENGAN JUMLAH ANGGOTA DIREKSI SEBAGAI VARIABEL MODERASI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101416002.pdf] PDF - Published Version
Download (1MB)

Abstract

Pengungkapan CSR bagi perusahaan antara lain sebagai alat perusahaan membangun citra baik agar perusahaan mendapatkan legitimasi dari masyarakat, disisi lain penerapan CSR di Indonesia masih relatif rendah baik dari segi kualitas maupun kuantitas dibuktikan dengan berbagai penelitian dan fenomena yang terjadi di lingkungan sekitar yang terjadi sebagai dampak dari operasi perusahaan. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh ukuran perusahaan dan profitabilitas terhadap pengungkapan CSR dengan menggunakan variabel jumlah anggota direksi sebagai variabel moderasi. Populasi penelitian ini adalah perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2016 sampai dengan tahun 2018. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling. Sampel penelitian berjumlah 20 perusahaan, dengan tiga tahun pengamatan. Jadi total sampel yang diteliti berjumlah 60 unit analisis. Data yang digunakan merupakan data sekunder yang diambil melalui teknik dokumentasi yaitu annual report perusahaan pertambangan tahun 2016 sampai dengan tahun 2018. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis regresi moderasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ukuran perusahaan berpengaruh positif terhadap pengungkapan CSR sebesar 3,7% dan profitabilitas berpengaruh positif terhadap pengungkapan CSR sebesar 2,2%. Uji moderasi menunjukkan jumlah anggota direksi mampu memperkuat pengaruh ukuran perusahaan pengungkapan CSR sebesar 4,8% namun memperlemah pengaruh profitabilitas terhadap pengungkapan sebesar -5,0%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ukuran perusahaan dan profitabilitas berpengaruh positif signifikan terhadap pengungkapan CSR dan jumlah anggota direksi mampu memperkuat pengaruh ukuran perusahaan terhadap pengungkapan CSR, namun memperlemah pengaruh profitabilitas terhadap pengungkapan CSR. Saran yang dapat diberikan yaitu agar perusahaan pertambangan mempertahankan aset yang dimiliki dan mempertahankan laba yang didapatkan dengan cara mengoptimalkan penggunaan aset yang dimiliki serta dewan direksi untuk meningkatkan pengawasan terlaksananya pengungkapan CSR.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengungkapan CSR, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Jumlah Anggota Direksi
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 04 Sep 2020 14:12
Last Modified: 04 Sep 2020 14:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38956

Actions (login required)

View Item View Item