PENGARUH SELF-CONTROL, LITERASI KEUANGAN DAN SOSIAL EKONOMI KELUARGA TERHADAP PERILAKU KEUANGAN MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Pendidikan Ekonomi)


Lucky Irfandi, 7101415274 (2020) PENGARUH SELF-CONTROL, LITERASI KEUANGAN DAN SOSIAL EKONOMI KELUARGA TERHADAP PERILAKU KEUANGAN MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Pendidikan Ekonomi). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101415274.pdf] PDF - Published Version
Download (2MB)

Abstract

Perilaku keuangan adalah hal yang penting untuk diperhatikan, dengan perilaku keuangan yang baik seseorang akan dapat memenuhi kebutuhannya baik dari jangka pendek dan jangka panjang. Namun berdasarkan hasil observasi awal yang diadakan terhadap beberapa mahasiswa Universitas Negeri Semarang masih banyak ditemui perilaku keuangan yang kurang baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh self-control, literasi keuangan dan sosial ekonomi keluarga terhadap perilaku keuangan mahasiswa. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan akuntansi Universitas Negeri Semarang angkatan 2017 & 2018. Populasi dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 214 mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode pengumpulan data menggunakan kuisioner. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa self-control, literasi keuangan dan sosial ekonomi keluarga secara simultan berpengaruh terhadap perilaku keuangan sebesar 22.5%. Sedangkan secara parsial (1) self-control berpengaruh paling besar terhadap perilaku keuangan sebesar 17% dengan nilai signifikansi 0.000, (2) literasi keuangan berpengaruh terhadap perilaku keuangan sebesar 2% dengan signifikansi 0.056, dan (3) sosial ekonomi keluarga berpengaruh terhadap perilaku keuangan sebesar 1% degan nilai signfikansi 0.213. Disimpulkan bahwa self-control, dan literasi keuangan berpengaruh terhadap perilaku keuangan sedangkan sosial ekonomi keluarga tidak berpengaruh terhadap perilaku keuangan mahasiswa pendidikan akuntansi 2017 dan 2018 Universitas Negeri Semarang. Saran yang dapat diberikan meningkatkan kontrol diri dalam pengelolaan keuangan, dan mempelajari lebih banyak tentang ilmu keuangan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Perilaku Ekonomi, Self-Control, Literasi Keuangan, Sosial Ekonomi Keluarga
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions > Socio-economic
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 04 Sep 2020 13:51
Last Modified: 04 Sep 2020 13:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38953

Actions (login required)

View Item View Item