PENGARUH PERSEPSI PROFESI GURU DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP MINAT MENJADI GURU MELALUI PRESTASI BELAJAR SEBAGAI VARIABEL INTERVENING


Dwi Andri Fitri Setiani, 7101415031 (2020) PENGARUH PERSEPSI PROFESI GURU DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP MINAT MENJADI GURU MELALUI PRESTASI BELAJAR SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101415031.pdf] PDF - Published Version
Download (763kB)

Abstract

Minat menjadi guru merupakan rasa ketertarikan terhadap profesi guru yang dapat mendorong seseorang untuk berusaha menjalani profesi guru agar menjadi guru yang profesional. Tujuan penelitian mengetahui pengaruh persepsi profesi guru dan motivasi belajar melalui prestasi belajar sebagai variabel intervening pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angkatan 2016 FE UNNES. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angkatan 2016 FE UNNES yang berjumlah 326 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah proportionate random slampling, sehingga jumlah sampel yang digunakan berjumlah 177 mahasiswa. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah minat menjadi guru (Y), sedangkan variabel independennya meliputi persepsi profesi guru (X1) dan motivasi belajar (X2), serta prestasi belajar sebagai variabel intervening (X3). Metode pengambilan data menggunakan kuesioner atau angket. Metode analisis data yang digunakan meliputi analisis deskriptif dan analisis jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan analisis statistik deskriptif variabel minat menjadi guru berkategori cukup sedangkan variabel persepsi profesi guru, motivasi belajar, dan prestasi belajar berkategori tinggi. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan persepsi profesi guru, motivasi belajar dan prestasi belajar terhadap minat menjadi guru. Prestasi belajar secara tidak langsung dapat memengaruhi persepsi profesi guru dan motivasi belajar terhadap minat menjadi guru. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa persepsi profesi guru, motivasi belajar, dan prestasi belajar berpengaruh positif dan siginifikan terhadap minat menjadi guru. Variabel prestasi belajar dapat memediasi persepsi profesi guru dan motivasi belajar terhadap minat menjadi guru. Saran yang diberikan yaitu mahasiswa harus meningkatkan motivasi belajar sehingga menyebabkan prestasi belajar dan minat menjadi guru meningkat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Persepsi Profesi Guru, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar, Minat Menjadi Guru
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > teacher competence
L Education > L Education (General) > motivation to learn
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 04 Sep 2020 13:36
Last Modified: 04 Sep 2020 13:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38951

Actions (login required)

View Item View Item