PENGARUH KOMPETENSI PUSTAKAWAN, FASILITAS PERPUSTAKAAN DAN PELAYANAN PERPUSTAKAAN TERHADAP MINAT MEMBACA SISWA DI PERPUSTAKAAN SMK NEGERI 2 MAGELANG


SOLICHIN, 7101414312 (2020) PENGARUH KOMPETENSI PUSTAKAWAN, FASILITAS PERPUSTAKAAN DAN PELAYANAN PERPUSTAKAAN TERHADAP MINAT MEMBACA SISWA DI PERPUSTAKAAN SMK NEGERI 2 MAGELANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101414312.pdf] PDF - Published Version
Download (4MB)

Abstract

Kompetensi pustakawan, fasilitas perpustakaan, pelayanan perpustakaan merupakan faktor yang mempengaruhi minat baca siswa. Dari hasil observasi, Jumlah kunjungan siswa di perpustakaan SMK Negeri 2 Magelang tahun 2017- 2018 setiap bulannya tidak selalu mengalami kenaikan. Dari bulan Juli 2017 sampai Juni 2018 pengunjung perpustakaan masih naik turun. Adapun permasalahan dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah kompetensi pustakawan, fasilitas perpustakaan dan pelayanan perpustakaan di perpustakaan SMK Negeri 2 Magelang?, (2) Adakah pengaruh kompetensi pustakawan, fasilitas perpustakaan dan pelayanan perpustakaan terhadap minat membaca siswa di perpustakaan SMK Negeri 2 Magelang? Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di SMK Negeri 2 Magelang yang berjumlah 1120 siswa, jumlah sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan menggunakan rumus Slovin diperoleh sebanyak 295 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan Proportional random sampling. Metode analisis data menggunakan regresi berganda, uji F, uji t, koefisien determinasi simultan (R2), koefisien determinasi partial (r2) dan deskriptif persentase. Hasil analisis regresi yang telah dihitung diperoleh persamaan: Y = 20,035 + 0,562X1 + 0,304X2 + 0,403X3 + e menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan antara kompetensi pustakawan, fasilitas perpustakaan dan pelayanan perpustakaan terhadap minat membaca siswa di perpustakaan SMK Negeri 2 Magelang baik secara simultan maupun partial. Adapun secara simultan dibuktikan dengan uji F dan diperoleh hasil 54,710 dan secara partial dibuktikan dengan hasil uji t sebesar 6,562 untuk variabel kompetensi pustakawan (X1), 3,410 untuk variabel fasilitas perpustakaan (X2), 2,950 untuk variabel pelayanan perpustakaan. Simpulan dari penelitian ini adalah 1) Adanya pengaruh kompetensi pustakawan terhadap minat baca siswa, 2) Fasilitas perpustakaan terhadap minat baca siswa, 3) Pelayanan perpustakaan terhadap minat baca siswa di perpustakaan SMK Negeri 2 Magelang. Saran yang dapat peneliti sampaikan kepada SMK Negeri 2 Magelang adalah 1) Sebaiknya pustakawan meningkatkan sikap ramah dan meningkatkan keahlian berkomunikasi dalam melayani siswa, 2) hendaknya pustakawan lebih tanggap dalam menyebarkan informasi tentang buku baru yang datang dan memberikan layanan bimbingan belajar dengan cara membantu mengarahkan pencarian literatur. 3) Untuk fasilitas perpustakaan yang memadai, alangkah baiknya perpustakaan melengkapi komputer yang ada dengan program pencarian koleksi buku secara online untuk mempermudah pengunjung.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Pustakawan, Fasilitas Perpustakaan, Pelayanan Perpustakaan, Minat Membaca Siswa
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > teacher competence
L Education > Educational Institutions > learning facilities
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 04 Sep 2020 12:44
Last Modified: 04 Sep 2020 12:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38950

Actions (login required)

View Item View Item