PENGARUH KUALITAS PELAYANAN AKADEMIK, FACULTY IMAGE, DAN BIAYA PENDIDIKAN TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA DIMODERASI OLEH GOOD UNIVERSITY GOVERNANCE (GUG) (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang Angkatan 2015)


Niswatun Chasanah, 7101414272 (2020) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN AKADEMIK, FACULTY IMAGE, DAN BIAYA PENDIDIKAN TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA DIMODERASI OLEH GOOD UNIVERSITY GOVERNANCE (GUG) (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang Angkatan 2015). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101414272.pdf] PDF - Published Version
Download (6MB)

Abstract

Kepuasan mahasiswa adalah persepsi individu kepada penyedia layanan jasa yaitu lembaga pendidikan secara keseluruhan atas apa yang diterimanya. Berdasarkan data hasil survey kondisi dan layanan lembaga kepada mahasiswa dan tingkat kepuasan mahasiswa terhadap kinerja dosen pada Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang masih perlu perbaikan dan peningkatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh kualitas pelayanan akademik, faculty image, dan biaya pendidikan terhadap kepuasan mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang, dengan good university governance (GUG) sebagai variabel moderator. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang angkatan 2015 sebanyak 910 mahasiswa dengan sampel 278 mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan moderated regression analysis (MRA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga variabel yaitu kualitas pelayanan akademik, faculty image, dan biaya pendidikan berpengaruh positif terhadap kepuasan mahasiswa. Good university governance tidak mampu memoderasi pengaruh kualitas pelayanan akademik, faculty image terhadap kepuasan mahasiswa. Serta good university governance mampu memoderasi pengaruh biaya pendidikan terhadap kepuasan mahasiswa Fakultas Ekonomi UNNES. Kesimpulan dari penelitian adalah kualitas pelayanan akademik, faculty image, dan biaya pendidikan berpengaruh terhadap kepuasan mahasiswa. Good university governance tidak mampu memoderasi pengaruh kualitas pelayanan akademik, faculty image terhadap kepuasan mahasiswa. Serta good university governance mampu memoderasi pengaruh biaya pendidikan terhadap kepuasan mahasiswa Fakultas Ekonomi UNNES. Saran dari penelitian ini agar pihak manajemen Fakultas Ekonomi UNNES terus berupaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan akademik, faculty image, dan biaya pendidikan yang sesuai dengan kemampuan ekonomi mahasiswa agar meningkatkan kepuasan mahasiswa di Fakultas Ekonomi UNNES.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kepuasan Mahasiswa, Kualitas Pelayanan Akademik, Faculty Image, Biaya Pendidikan, Good University Governance
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 04 Sep 2020 12:37
Last Modified: 04 Sep 2020 12:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38949

Actions (login required)

View Item View Item