FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KUNJUNGAN IBU BALITA DI POSYANDU MLUWEH UNGARAN TIMUR KABUPATEN SEMARANG 2020


Nuh Roh Haluk, 6411415158 (2020) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KUNJUNGAN IBU BALITA DI POSYANDU MLUWEH UNGARAN TIMUR KABUPATEN SEMARANG 2020. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6411415158.pdf] PDF - Published Version
Download (3MB)

Abstract

Kunjungan Ibu Balita di Posyandu Mluweh pada jam buka pelayanan kesehatan di Posyandu Mluweh sebanyak 3 sampai 5 Ibu Balita yang dapat berkunjung ke Posyandu dengan tujuan memantau status kesehatan dan penimbangan berat badan balita dan imunisasi, rata-rata data cakupan penimbangan Balita di Posyandu Mluweh 33,9%, satu kali selama satu bulan. Berdasarkan rata rata standar nasional cakupan penimbangan Balita di Posyandu bulan selama enam bulan terakhir di posyandu sebesar 80,6% sekurangkurangnya satu kali selama sebulan terakhir sebesar 74,5%. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor faktor yang berhubungan dengan kunjungan Ibu Balita di posyandu Mluweh. Jenis peneltian ini adalah observasional dengan rancangan case control, di lengkapi dengan kajian kualitatif dengan wawancara mendalam. Sampel yang di tetapkan 45 responden teknik purpose sampling. Instrumen yang digunakan adalah kesioner dan panduan wawancara, dianalisis dengan mengunakan uji chi-square dengan perangkat SPSS degan kajian kualitatif. Pedoman dasar pengambilan keputusan data uji chi Square yakni membandingkan nilai Asymp. Sig. Dengan batas kritis yakni 0,05. Maka berdasarkan tabel output diketahui nilai Asymp. Sig. (2 – sided) > 0,05, maka dapat disumpulkan bahwa Ho diterima. Dengan demikian tidak ada hubungan antara variabel. Saran Perlu dilakukan penelitian lebih lanjut menggunakan variabel yang belum dilakukan dalam penelitian ini seperti kehadiran tenaga kesehatan, sosial ekonomi, pemberian PMT dan penelitian kualitatif tentang kendala-kendala atau masalah yang mempengaruhi kunjungan ibu sehingga bisa diperoleh informasi yang lebih dalam.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Ibu Balita, pengetahuan Ibu Balita, Pekerjaan Ibu Balita. Kunjungan Ibu Balita di Posyandu
Subjects: O Sport > Ilmu Kesehatan Masyarakat
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 04 Sep 2020 12:18
Last Modified: 04 Sep 2020 12:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38947

Actions (login required)

View Item View Item