HUBUNGAN ANTARA KELELAHAN KERJA DAN TINGKAT KEBUGARAN TERHADAP KEJADIAN KECELAKAAN PADA PENGEMUDI BUS RAPID TRANSIT (BRT) TRANS SEMARANG


Izzun Nuril Hikmah, 6411414109 (2020) HUBUNGAN ANTARA KELELAHAN KERJA DAN TINGKAT KEBUGARAN TERHADAP KEJADIAN KECELAKAAN PADA PENGEMUDI BUS RAPID TRANSIT (BRT) TRANS SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6411414109.pdf] PDF - Published Version
Download (2MB)

Abstract

Kelelahan (fatigue) merupakan salah satu risiko terjadinya penurunan derajat kesehatan tenaga kerja yang ditandai dengan melemahnya tenaga kerja dalam melakukan pekerjaan atau kegiatan, sehingga akan meningkatkan kesalahan dalam melakukan pekerjaan dan akibat fatalnya adalah terjadinya kecelakaan kerja. Kelelahan kerja terbukti memberikan kontribusi lebih dari 60% dalam kejadian kecelakaan kerja di tempat kerja. Seseorang yang memiliki kebugaran jasmani baik maka tidak akan mudah mengalami kelelahan saat bekerja. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan antara kelelahan kerja dan tingkat kebugaran terhadap kejadian kecelakaan pada pengemudi BRT Trans Semarang. Jenis penelitian ini adalah observasional analitik dengan rancangan penelitian yaitu cross sectional. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 36 orang. Analisis data dilakukan secara univariat dan bivariat untuk mengetahui hubungan antara kelelahan kerja, dan tingkat kebugaran terhadap kejadian kecelakaan pada BRT Trans Semarang. Hasil menunjukkan bahwa tidak ada hubungan antara kelelahan kerja (p=0,721), dan tingkat kebugaran (p=1,000) dengan kejadian kecelakaan. Simpulan penelitian ini yaitu kelelahan kerja dan tingkat kebugaran tidak berhubungan dengan kejadian kecelakaan. Pengemudi disarankan untuk istirahat dan tidur yang cukup 7 jam sehari dan melakukan olahraga secara teratur.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kelelahan Kerja, Kebugaran Jasmani, Kejadian Kecelakaan
Subjects: O Sport > Ilmu Kesehatan Masyarakat
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 04 Sep 2020 11:42
Last Modified: 04 Sep 2020 11:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38939

Actions (login required)

View Item View Item