HUBUNGAN ANTARA KEKUATAN OTOT TUNGKAI DAN KEKUATAN OTOT PUNGGUNG DENGAN KEMAMPUAN TENDANGAN SABIT ( Survey pada atlet pencak silat PPLOP Jawa Tengah )


Sigit Infantoro, 6301416189 (2020) HUBUNGAN ANTARA KEKUATAN OTOT TUNGKAI DAN KEKUATAN OTOT PUNGGUNG DENGAN KEMAMPUAN TENDANGAN SABIT ( Survey pada atlet pencak silat PPLOP Jawa Tengah ). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6301416189.pdf] PDF - Published Version
Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Hubungan antara kekuatan otot tungkai dengan kemampuan tendangan sabit, (2) Hubungan antara kekuatan otot punggung dengan kemampuan tendangan sabit, dan (3) Hubungan antara kekuatan otot tungkai dan kekuatan otot punggung secara bersama-sama dengan kemampuan tendangan sabit. Penelitian ini menggunakan metode survey. Subyek penelitian adalah atlet pencak silat PPLOP Jawa Tengahyang berjumlah 12 atlet.Teknik yang digunakan untuk mengukur kadar hubungan antara variable-variabel bebas, yaitu;kekuatan otot tungkai (X1) dan kekuatan otot punggung (X2), sedangkan variable terikatnya adalah kemampuan tendangan sabit (Y). Hasil penelitian menunjukkan (1) kekuatan otot tungkai memiliki hubungan yang signifikan dengan kemampuan tendangan sabit, diperoleh nilai korelasi r sebesar 0,692 dengan tingkat probabilitas 0,013 <  0,05, (2) kekuatan otot punggung memiliki hubungan yang signifikan dengan kemampuan tendangan sabit, diperoleh nilai korelasi (r) sebesar 0,612 dengan tingkat probabilitas 0,034 <  0,05, dan (3) kekuatan otot tungkai dan kekuatan otot punggung secara bersama-sama memiliki hubungan yang signifikan dengan kemampuan tendangan sabit diperoleh nilai korelasi (r) sebesar 0,710 dengan tingkat probabilitas 0,043 <  0,05. Simpulan dalam penelitian tentang hubungan kekuatan otot tungkai dan kekuatan otot punggung dengan kemampuan tendangan sabit pada atlet pencak silat PPLOP Jawa Tengah hasilnya setiap variabel mempunyai hubungan yang signifikan terhadap variabel terikat yaitu kemampuan tendangan sabit.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kekuatan otot tungkai, kekuatan otot punggung dan kemampuan tendangan sabit
Subjects: O Sport > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 04 Sep 2020 10:43
Last Modified: 04 Sep 2020 10:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38929

Actions (login required)

View Item View Item