IMPLEMENTASI ALGORITMA BEE COLONY DENGAN METODE FUZZY MAMDANI UNTUK PENGATURAN LAMPU LALU LINTAS


Yusthesia Esta Kurnia , 4111413014 (2020) IMPLEMENTASI ALGORITMA BEE COLONY DENGAN METODE FUZZY MAMDANI UNTUK PENGATURAN LAMPU LALU LINTAS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4111413014.pdf] PDF - Published Version
Download (13MB)

Abstract

Algoritma Bee Colony adalah algoritma yang terinspirasi dari perilaku lebah dalam suatu kelompok untuk mencari makanan, dan dalam penelitian ini algoritma Bee Colony diimplementasikan untuk mengatur fase lampu lalu lintas di persimpangan simpang empat Jl. Tambak Dalam Raya- Jl. Soekarno Hatta- Jl. Gajah Raya dengan menggunakan prinsip pewarnaan simpul. Setelah fase lampu lalu lintas baru diperoleh kemudian diatur durasi lampu hijau menggunakan metode fuzzy mamdani. Metode fuzzy mamdani adalah salah satu metode dalam FIS yang digunakan untuk memetakan suatu ruang input ke dalam suatu ruang output. Permasalahan yang diambil dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi algoritma Bee Colony dalam pengaturan fase lampu lalu lintas di persimpangan simpang empat Jl. Tambak Dalam Raya-Jl. Soekarno Hatta-Jl. Gajah Raya, bagaimana perhitungan durasi lampu lalu lintas pada fase lampu lalu lintas baru di persimpangan simpang empat Jl. Tambak Dalam Raya- Jl. Soekarno Hatta- Jl. Gajah Raya menggunakan metode Fuzzy Mamdani, dan bagaimana perbandingan sistem lalu lintas di persimpangan simpang empat Jl. Tambak Dalam- Jl. Soekarno Hatta- Jl. Gajah Raya sebelum dan sesudah diterapkan algoritma Bee Colony dengan Metode Fuzzy Mamdani. Perhitungan durasi lampu hijau pada fase baru dengan menggunakan metode Fuzzy Mamdani dilakukan sebelum menghitung durasi lampu lalu lintas. Variabel input yang digunakan adalah variabel jumlag mobil dan motor yang berhenti saat lampu merah dan variabel outputnya adalah variabel durasi lampu hijau. Perhitungan durasi lampu hijau menggunakan bantuan fuzzy logic toolbox Matlab R2014a. Setelah diperoleh durasi lampu hijau maka dapat diperoleh durasi lampu lalu lintas, dengan durasi lampu kuning 2 detik dan durasi clear 3 detik. Hasil penelitian diperoleh fase lampu lalu lintas baru yang tidak terjadi tabrakan antar arus dengan terdapat 4 fase didalamnya dan durasi lampu lalu lintas yang berubah mengikuti jumlah mobil dan motor yang berhenti saat lampu merah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Algoritma Bee Colony, Metode Fuzzy Mamdani, Fase Lampu Lalu Lintas, Durasi Lampu Lalu Lintas, Fuzzy Logic Toolbox Matlab R2014a
Subjects: Q Science > QA Mathematics > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 04 Sep 2020 09:57
Last Modified: 04 Sep 2020 09:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38921

Actions (login required)

View Item View Item