Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Adversity Quotient Pada Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Edmodo


Aulia Febliana Chaniago , 4101416099 (2020) Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Adversity Quotient Pada Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Edmodo. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4101416099.pdf] PDF - Published Version
Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui dan mendeskripsikan perbandingan pembelajaran menggunakan model PBL berbantuan Edmodo dengan pembelajaran menggunakan PBL; (2) mengetahui dan mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan penerapan model pembelajaran PBL berbantuan Edmodo apakah mencapai KKM; (3) mengetahui dan mendeskripsikan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan penerapan model pembelajaran PBL berbantuan Edmodo apakah lebih baik dari peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan penerapan model pembelajaran PBL; (4) mengetahui dan mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada model pembelajaran PBL berbantuan Edmodo lebih baik dari model pembelajaran PBL; (5) mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh antara kemampuan pemecahan masalah dengan Adversity Quotient dengan pembelajaran model PBL. Jenis penelitian ini mix method. Populasi siswa kelas XI di salah satu SMA Negeri di Semarang. Penelitian kuantitatif menggunakan desain Pretest-Posttest Control Group Design dengan dua macam perlakuan. Penelitian kualitatif menggunakan purposive sampling. Subjek penelitian 6 siswa dengan rincian 2 siswa dengan tipe climbers atau AQ tinggi, 2 siswa dengan tipe campers atau AQ sedang, 2 siswa dengan tipe quitters atau AQ rendah. Hasil penelitian menunjukkan: (1) rata-rata hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mengikuti pembelajaran PBL berbantuan Edmodo mencapai KKM individual; (2) rata-rata hasil kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mengikuti pembelajaran PBL berbantuan Edmodo lebih baik daripada rata-rata hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematis yang mengikuti pembelajaran PBL; (3) terdapat pengaruh Adversity Quotient terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mengikuti pembelajaran PBL berbantuan Edmodo; (4) siswa pada kategori Climbers atau AQ tinggi mampu memenuhi semua indikator pada tahap kemampuan pemecahan masalah matematis yaitu tahap memahami masalah, merencanakan penyelesaian masalah, melaksanakan rencana penyelesaian dan memeriksa kembali; (5) siswa pada kategori Campers atau AQ sedang hanya mampu memenuhi indikator pada tahap memahami masalah, merencanakan penyelesaian masalah, dan melaksanakan rencana penyelesaian; (6) siswa pada kategori Quitters atau AQ rendah hanya mampu memenuhi indikator pada tahap memahami masalah saja.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pemecahan masalah matematis, Adversity Quotient, PBL berbantuan Edmodo
Subjects: Q Science > QA Mathematics > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 04 Sep 2020 09:46
Last Modified: 04 Sep 2020 09:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38918

Actions (login required)

View Item View Item