KETERAMPILAN SOSIAL SISWA SMP NEGERI 2 UNDAAN KABUPATEN KUDUS


Ovaniar Shalma , 3601415020 (2020) KETERAMPILAN SOSIAL SISWA SMP NEGERI 2 UNDAAN KABUPATEN KUDUS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3601415020.pdf] PDF - Published Version
Download (2MB)

Abstract

Setiap individu dituntut untuk menguasai keterampilan sosial dan kemampuan penyesuaian diri terhadap lingkungan sekitarnya. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui keterampilan sosial siswa SMP Negeri 2 Undaan berdasarkan latar belakang status sosial ekonomi orang tua yang berbeda, strategi guru IPS dalam mengembangkan keterampilan sosial siswa SMP Negeri 2 Undaan, dan kendala yang dihadapi guru IPS dalam mengembangkan keterampilan sosial siswa SMP Negeri 2 Undaan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Sumber data penelitian diperoleh dari sumber data primer dan sekunder. Alat dan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Analisis data menggunakan analisis interaktif yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tidak ada perbedaan keterampilan sosial siswa berdasarkan latar belakang status sosial ekonomi orang tua yang berbeda. Keterampilan sosial siswa terutama dipengaruhi oleh proses sosialisasinya dengan orang tua yang mulai terjalin sejak dini, orang tua dapat memastikan bahwa anak dapat menginternalisasikan nilai-nilai yang disosialisasikannya, sehingga nilai-nilai tersebut dapat berpengaruh pada perkembangan keterampilan sosial anak itu sendiri. Nilai-nilai tersebut diantaranya keterampilan untuk hidup dan bekerjasama, keterampilan untuk mengontrol diri dan orang lain, keterampilan untuk berkomunikasi dan berinteraksi, keterampilan untuk menyatakan pendapat, dan keterampilan dalam bidang akademis, (2) strategi guru IPS dalam pelaksanaan pembelajaran untuk mengembangkan keterampilan sosial siswa di SMP Negeri 2 Undaan dilakukan dengan cara implementasi kurikulum sebagai landasan dalam mengembangkan keterampilan sosial siswa, penggunaan model pembelajaran student center mampu melatih perkembangan keterampilan sosial siswa, memberi nasihat dan pemahaman perilaku antisosial dalam proses pembelajaran, menerapkan aturan sebagai batasan dalam perilaku siswa, dan menerapkan sifat keteladanan oleh guru sebagai contoh real bagi siswa, (3) kendala yang dihadapi guru IPS dalam mengembangkan keterampilan sosial siswa SMP Negeri 2 Undaan adalah kepribadian siswa, hubungan keluarga, dan hubungan teman sebaya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Sosial, Status Sosial Ekonomi, IPS
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 04 Sep 2020 08:29
Last Modified: 04 Sep 2020 08:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38909

Actions (login required)

View Item View Item