IMPELEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SMP/MTs se-KECAMATAN MAYONG KABUPATEN JEPARA TAHUN AJARAN 2019/2020


Ilham Fatahillah , 3601415017 (2020) IMPELEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SMP/MTs se-KECAMATAN MAYONG KABUPATEN JEPARA TAHUN AJARAN 2019/2020. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3601415017.pdf] PDF - Published Version
Download (892kB)

Abstract

Pendekatan saintifik adalah pembelajaran yang dirancang agar peserta didik secara aktif mengonstruk konsep, hukum atau prinsip melalui tahapan-tahapan mengamati, merumuskan masalah, mengajukan atau merumuskan hipotesis, mengumpulkan data dengan berbagai teknik, menganalisis data, menarik kesimpulan dan mengomunikasikan konsep. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan pelaksanaan guru dalam menerapkan pendekatan saintifik dalam pembelajaran IPS di SMP/MTs se-Kecamatan Mayong, (2) mengetahui kendala yang dihadapi guru dalam menerapkan pendekatan saintifik dalam pembelajaran IPS, (3) mendeskripsikan upaya guru dalam mengatasi kendala yang dihadapi dalam menerapkan pendekatan saintifik pembelajaran IPS. Metode penelitian yaitu kualitaif deskriptif dengan lokasi di SMP N 1 Mayong, SMP Al Hikmah, SMP Al Ishom, MTs Sabilul Ulum, MTs Nurul Islam, MTs Urwatil Wutsqo, dan MTs Kedungombo. Informan adalah guru, wakasek kurikulum dan siswa. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Analisis data yang digunakan adalah model interaktif yang meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Guru dalam menerapkan pendekatan saintifik di kelas bergantung dengan kreatifitas masing masing guru (2) Kendala dari sekolah yang memulai Kurikulum 2013 pada T.A. 2013/2014 adalah masih ada siswa yang belum aktif, untuk kendala yang mulai melaksanakan Kurikulum 2013 pada T.A. 2017/2018 dan 2018/2019 adalah kurangnya sarana prasarana pendukung pembelajaran LCD Proyektor, kurangnya materi dan masih ada siswa yang belum aktif, kendala lainnya untuk yang mulai melaksaakan Kurikulum 2013 pada T.A. 2018/2019 adalah belum lengkapnya komponen yang ada di RPP (3) Upaya untuk mengatasinya adalah meningkatkan sharing dengan sekolah lain terkait perencanaan pembelajaran, materi dan media. Guru berupaya menambahkan sumber pembelajaran lain untuk mengatasi kurangnya materi. Lembar kerja dan media pembelajaran yang sesuai materi dimaksimalkan oleh guru untuk mengatasi kurangnya sarana prasana pendukung pembelajaran, selain itu bagi siswa yang kurang aktif, guru memberikan perhatian lebih khusus supaya bisa mengikuti pembelajaran. Saran yang diajukan untuk kepala sekolah adalah berusaha melengkapi sarana dan prasarana pendukung pembelajaran serta memberikan motivasi dan dukungan kepada guru dalam pelaksanaan pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik. Saran untuk guru adalah lebih meningkatkan persiapan, fungsi MGMP dan memberikan motivasi kepada siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Pendekatan Saintifik, Pembelajaran IPS
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 04 Sep 2020 08:26
Last Modified: 04 Sep 2020 08:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38908

Actions (login required)

View Item View Item